Implementasi Model Pembelajaran Group Investigation Berbantuan Captivate Pada Microsoft Word Untuk Meningkatkan Hasil Belajar, Minat, dan Persepsi Siswa Di SMA Negeri 1 Maos Cilacap

Main Article Content

Siti Fatimah

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar kognitif, minat, dan persepsi siswa terhadap pembelajaran dengan implementasi model pembelajaran group investigation berbantuan captivate.Jenis penelitian ini adalah quasi experimental design. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah nonequivalent control group pretest-posttest design.Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Maos Cilacap tahun 2015/2016. Dari hasil analisis data, diperoleh hasil analisis uji hipotesis hasil belajar kognitif diperoleh thitung = 5,067 dan ttabel=1,67 dengan α = 5% dengan dk = 31 + 32 – 2 = 61. Kriteria pengujian yaitu Ho diterima jika thitung> ttabel , maka thitung berada pada daerah penolakan Ho. Karena thitung berada pada daerah penolakan Ho, hal tersebut menunjukkan bahwa hasil belajar kognitif kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Hasil analisis uji gain hasil belajar kognitif pada kelas eksperimen sebesar 0,311 (sedang), sedangkan pada kelas kontrol sebesar 0,124 (rendah). Hasil analisis presentase minat belajar kelas eksperimen sebesar 85% (sangat baik), sedangkan minat belajar kelas kontrol sebesar 71% (baik). Hasil analisis presentase persepsi siswa kelas eksperimen sebesar 93% (sangat baik), sedangkan persepsi siswa kelas kontrol sebesar 84% (sangat baik). Berdasarkan analisis data hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa implementasi model pembelajaran group investigation berbantuan captivate mampu meningkatkan hasil belajar, minat, dan persepsi.

Article Details

Section
Articles