Eksperimen Perbandingan Model Pembelajaran Gqga Dengan Model Pembelajaran TPS Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran TIK

Main Article Content

Frida Kusuma Wardani

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui perbedaan hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Suruh pada mata pelajaran TIK antara siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran GQGA dengan TPS. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Negeri 1 Suruh tahun 2015/2016 dengan jumlah 438 siswa. Sampel penelitian ini dipilih secara acak, kelas yang terpilih adalah kelas XA sebagai kelas eksperimen dan XB sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan rata- rata hasil belajar kelas eksperimen 89,0 dan kelas kontrol 76,7. Hasil uji peningkatan hasil belajar kelas eksperimen 0,72 dengan kriteria peningkatan tinggi dan 0,48 untuk kelas kontrol dengan kriteria peningkatan sedang. Dari hasil uji paired sample T test diperoleh kelas kontrol Pvalue < Ptabel (0,00<0,05) dan kelas eksperimen Pvalue < Ptabel (0,00 < 0,05) maka H0 ditolak maka dapat disimpulkan  bahwa  ada  perbedaan  hasil  belajar  siswa  pada  kelas  kontrol  dan  eksperimen. Berdasarkan  uji  independen  sample  T  test  Pvalue < Ptabel  (0,00  <  0,05)  sehingga  H0: µ. = µ0 ditolak. Artinya Terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa kelas X yang menggunakan model pembelajaran GQGA dengan TPS dan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran GQGA  lebih  baik  daripada  yang  menggunakan  TPS.  Kesimpulan  dalam  penelitian  ini  adalah bahwa ada perbedaan hasil belajar dan hasil belajar model pembelajaran GQGA lebih baik. Saran dalam penelitian ini hendaknya guru bervariasi dalam pembelajaran, mampu menciptakan suasana kelas  yang  menyenangkan  dan  menarik,  serta  diadakannya  penelitian  lebih  lanjut  mengenai penerapan model pembelajaran GQGA pada materi yang berbeda.

Article Details

Section
Articles