Dongeng Anak Animasi “Semut Dan Kepompong” Sebagai Media Pembelajaran Anak Usia 4-6 Tahun TK Pertiwi Simbangdesa

Main Article Content

Anita Nugrahani

Abstract

Dalam kehidupan masyarakat pemerosotan nilai moral dapat berupa kekerasan fisik, kekerasan psikis, dan kekerasan seksual. Dengan diberikannya pendidikan nilai moral sejak usia dini diharapkan pada tahap perkembangan anak selanjutnya akan mampu membedakan mana yang baik dan buruk. Pada umumnya dalam proses pendidikan pada anak balita atau usia dini lebih diutamakan pada metode bermain sambil belajar, karena anak-anak akan lebih mengingat suatu hal secara visual dibandingkan verbal. Oleh karena itu, media ini dapat membantu sebagai alat penunjang pembelajaran moral untuk anak usia dini. Model penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Penelitian ini dilakukan untuk menguji kelayakan produk sebagai media pembelajaran. Alur yang dilakukan dalam penelitian diantaranya tahap potensi dan masalah, tahap pengumpulan data, tahap desain produk, tahap validasi desain, tahap uji coba produk, dan tahap revisi produk. Pengujian dilakukan oleh pakar materi dan pakar media. Pengujian yang dilakukan adalah uji kelayakan yang mana akan didapat persentase kelayakan media pembelajaran. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan persentase kelayakan oleh ahli media yaitu dari 77.50% menjadi 85.83% dan dikategorikan “sangat baikâ€, sedangkan dari kelakayan ahli materi mengalami peningkatan dari 85% menjadi 91.6% dan termasuk dalam kategori “sangat baikâ€.

Article Details

Section
Articles