KORSLETING LISTRIK PENYEBAB KEBAKARAN PADA RUMAH TINGGAL ATAU GEDUNG

Main Article Content

Budy Setyo

Abstract

Kebakaran merupakan bencana yang sering terjadi di kota-kota besar baik pada kawasan pemukiman penduduk, gedung perkantoran, pabrik, pusat pembelanjaan dan lain-lain. Setiap tahunnya peristiwa kebakaran mengalami peningkatan seiring bertambahnya penduduk dan bangunan gedung atau rumah tinggal. Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian untuk mengetahui dan membuktikan apakah benar peralatan instalasi listrik sebagai sumber terjadinya korsleting listrik atau beban lebih yang dapat menyebabkan kebakaran pada rumah tinggal atau gedung.

Pengambilan data dilakukan dengan metode eksperimen yang dilakukan di Laboratorium Fakultas Teknik UNNES untuk mencari pengaruh perlakuan tertentu terhadap yang lain dalam kondisi yang terkendali. Metode analisis data yang digunakan adalah metode analisis deskriptif.

Hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan, untuk pengujian kabel kabel NYA dan kabel antena sudah mengeluarkan bau kabel terbakar dan asap dengan temperatur 68,9 0C dan 67,4 0C sebelum gawai proteksi putus. Sama halnya saat pengujian sambungan kabel kendor dan penumpukan stop kontak sudah meleleh dengan temperatur 129,7 0C sebelum gawai proteksi putus.

Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan disimpulkan bahwa penyebab kebakaran tertinggi diakibatkan oleh korsleting listrik pada peralatan instalasi listrik terutama pada pemasangan instalasi listrik yang tidak sesuai standar PUIL 2000 dan instalasi listrik yang sudah berumur tua. Selain itu penggunaan, pemasangan dan perlakuan pada peralatan listrik yang kurang baik juga menyebabkan korsleting listrik.

 

Catastrophic fires that often occur in large cities, both in residential areas, factories, markets. shopping center, and others. In every years, fire continued to increase with increasing population, building or home in big cities. Its necessary to investigate and prove it as a source of electrical installation equipment electrical short circuit, or load that could cause fires in residences or buildings.

Data collection was performed by the method of experiments carried out in the Laboratory of the Faculty of Engineering UNNES to look for the effect of a particular treatment against the other under controlled conditions. Data analysis method used is descriptive analysis method.

Results and discussion of research has been done, the quality of electrical installation equipment materials will determine the ability of the insulation resistance. Increasingly ugly insulating materials, it will be the worse its ability custody. To test the cable and antenna cables, cable has issued a burning smell and smoke with a temperature of 68.9 ° C and 67.4 ° C before dropping MCB protection. Similarly, when a loose cable connection testing and buildup outlet. cable connection and outlet melt, with a temperature of 129.7 ° C before dropping MCB protection.

based on the results of research and discussion, it was concluded that the cause of the fire caused by electrical short circuit highest in electrical installation equipment. especially on non-standard installation PUIL 2000 and old electrical installations. in addition, the use and improper installation of electrical equipment also lead to electrical short circuit.


Article Details

Section
Articles

References

Arikunto, Suharsimi. 1998. Prosedur Penelitian Suatu Penedekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Ary. 1985. Penelitian Eksperimen. http://gigihnamaku.blogspot.com/. Diunduh pada tanggal 22 Mei 2013.

BSN. 2000. Persyaratan Umum Instalasi Listrik. Jakarta: Yayasan PUIL.

Daryanto. 2006. Teknik pengerjaan listrik. Jakarta: PT Bumi Aksara.

_________2002. Pengetahuan Teknik Listrik. Jakarta: Sinar Grafika Offset.

Hadi, Sutrisno. 2000. Bimbingan Menulis Skripsi dan Thesis 2. Yogyakarta: Andi Offset.

Handoko, Prio. 2000. Pemasangan Instalasi Listrik Dasar. Yogyakarta: Kanisius.

Holman, J.P. 1988. Kalor. Jakarta: Erlangga.

Kasiram. 2008. PenelitianKuantitatif. http://statistikian.blogspot.com/. Diunduh pada tanggal 19 Mei 2013.
Kreith, Frank. Perpindahan Panas. Jakarta: Erlangga.

Neidle, Michael. 1985. Instalasi Listrik. Jakarta: Erlangga.

Noenchandra. 2011. Penyebab Kebakaran Karena Listrik. http://noenchandra. blogspot.com/. Diunduh pada tanggal 25 september 2013.

Pranoto, Hadi. 2012. Penelitian Eksperimen. https://plus.google.com. Diunduh pada tanggal 19 Juli 2013.

Scaddan, Brian. 2004. Instalasi Listrik Rumah Tinggal. Jakarta: Erlangga.

Scborsinac, Zan. 1990. Instalasi listrik. Jakarta: Erlangga.
Soepartono, 1979. Instalasi Cahaya dan Tenaga. Jakarta: P.T. Antique Warna Press.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.

Suryatmo, F. 2004. Teknik Listrik Instalasi Penerangan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Susiono. 2010. Model instalasi listrik yang dapat mencegah bahaya Kebakaran pada bangunan. Jurnal Fakultas Teknik Universitas Udayana.