Perbandingan Media Konvensional dengan Software terhadap Minat Belajar dan Psikomotorik Gambar Teknik

Main Article Content

Darniti Wahyuni
Prabakti Endramawan
Denny Hardiyanto

Abstract

 


Pemilihan media yang tepat adalah salah satu cara yang dapat menunjang keberhasilan pembelajaran, sehingga dapat meningkatkan minat belajar dan kemampuan psikomotorik siswa. Penelitian ini guna mengetahui perbedaan penggunaan media konvensional dan software terhadap minat belajar dan kemampuan psikomotorik siswa pada pembelajaran gambar teknik listrik di SMK Gamaliel 1 Kota Madiun, menggunakan penelitian kuantitatif pra-eksperimen dan pendekatan one shot case study design. Populasi 82 siswa dengan sampel 25 siswa mendasar pada sampling jenuh. Metode pengumpulan data menggunakan tes dan angket, kemudian dilakukan analisis data dengan paired sample t-test berbasis software SPSS. Berdasarkan analisis data menunjukkan bahwa 1) Tidak terdapat perbedaan penggunaan media konvensional dengan software terhadap minat belajar peserta didik pada pembelajaran gambar teknik listrik di SMK Gamaliel 1 Kota Madiun, dengan nilai sig.(2-tailed) adalah 0,850 (p˃0,05) serta nilai (thitung˂ttabel = 0,192˂2,064 dengan taraf signifikansi 0,05) 2) Terdapat perbedaan penggunaan media konvensional dengan software terhadap psikomotorik peserta didik pada pembelajaran gambar teknik listrik di SMK Gamaliel 1 Kota Madiun, dengan nilai sig.(2-tailed) adalah 0,024 (p˂0,05) serta nilai (-thitung˃-ttabel = -2,412˃-2,064) untuk tahap pengujian ke-1, 0,038 (p˂0,05) serta nilai (-thitung˃-ttabel = -2,202˃-2,064) untuk tahap pengujian ke-2, dan 0,002 (p˂0,05) serta nilai (-thitung˃-ttabel = -3,423˃-2,064) untuk tahap pengujian ke-3 dengan taraf signifikansi 0,05 masing-masing pengujian.


Kata kunci―minat belajar, kemampuan psikomotorik, media konvensional, media berbasis komputer

Article Details

Section
Articles