Review Artikel: Analisis Penggunaan Algoritma Dijkstra untuk Mencari Rute Terpendek di Rumah Sakit

Main Article Content

Risky Yuliantari
Lailatul Musabbikhah

Abstract

Rumah sakit merupakan institusi yang melayani bidang kesehatan dan banyak dikunjungi masyarakat setiap harinya. Bangunan rumah sakit yang besar dan memiliki banyak ruang dan lorong seringkali menyulitkan pengunjung untuk menemukan suatu ruangan. Sedangkan Google Maps, aplikasi yang kerap digunakan untuk menunjukkan rute ke sebuah tempat hanya dapat digunakan di luar ruangan. Sehingga dibutuhkan sebuah aplikasi yang dapat menunjukkan rute menuju suatu ruangan di rumah sakit. Analisis pencari rute terpendek dengan algoritma Dijkstra untuk di dalam ruangan dilakukan dengan membandingkan hasil penelitian terdahulu tentang pencarian rute terpendek. Pembuatan aplikasi pencari rute terpendek dengan algoritma Dijkstra sudah banyak diteliti. Hasilnya adalah aplikasi berbasis web yang mengambil data dari Google Maps untuk penentuan letak titik awal dan tujuan kemudian pemanfaatan algoritma untuk penentuan rute terdekat. Dalam pengujian algoritma Dijkstra dan Astar menghasilkan rute yang sama dengan waktu eksekusi yang berbeda. Review artikel ini dibuat untuk mengetahui cocok tidaknya pengunaan algoritma Dijkstra untuk mencari rute terpendek di dalam bangunan khususnya rumah sakit.

Article Details

Section
Articles

References

Ardana, D. and Saputra, R. (2016) ‘Penerapan Algoritma Dijkstra pada Aplikasi Pencarian Rute Bus Trans Semarang’, Skripsi Jurusan Ilmu Komputer, Fakultas Sains Dan Matematika, Universitas Diponegoro, (Snik), pp. 299–306.
Dewi, L. J. E. (2010) ‘Pencarian Rute Terpendek Tempat Wisata Di Bali Dengan Menggunakan Algoritma Dijkstra’, Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi 2010 (SNATI 2010), 2010(Snati), pp. 46–49.
Fisika, D. et al. (2016) Universitas Sumatera Utara - Beranda. Available at: https://www.usu.ac.id/id/.
Ginting, J. V. and Barus, E. S. (2018) ‘Aplikasi Penentuan Rute Rumah Sakit Terdekat Menggunakan Algoritma Dijkstra’, Jurnal Mantik Penusa, 2(2), pp. 1–8.
Pugas, D. O. et al. (2011) ‘Djikstra1’, 13(1), pp. 27–32.
Putra, A. B. W. et al. (2020) ‘Perbandingan Hasil Rute Terdekat Antar Rumah Sakit di Samarinda Menggunakan Algoritma A*(star) dan Floyd-Warshall’, Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi dan Komputer), 9(1), p. 59. doi: 10.32736/sisfokom.v9i1.685.
Sianturi, A. H. (2018) ‘Universitas Sumatera Utara Skripsi’, Analisis Kesadahan Total dan Alkalinitas pada Air Bersih Sumur Bor dengan Metode Titrimetri di PT Sucofindo Daerah Provinsi Sumatera Utara, pp. 44–48