Upaya Konservasi Energi Listrik pada Universitas Indonesia Berdasarkan Metode Intensitas Konsumsi Energi

Main Article Content

Dicky Syachreza Himawan
Budi Sudiarto

Abstract

Konservasi energi sangat diperlukan untuk pengendalian penggunaan energi listrik mengingat Indonesia pernah dilanda krisis energi karena ketidakseimbangan antara pasokan listrik dan demand. Studi ini bertujuan melakukan konservasi energi listrik dengan membuat skenario pembayaran denda untuk fakultas yang nilai Intensitas Konsumsi Energinya (IKE) melebihi standar. Skenario pembayaran denda dilakukan berdasarkan 2 variasi standar (IKE). Pada skenario pembayaran denda pertama menggunakan standar efisiensi berdasarkan Permen ESDM No.13/201 yaitu sebesar 168 KWh/m2. Terdapat 3 fakultas dengan IKE melebihi standar yaitu FIB dengan 193,6 KWh/m2, FMIPA dengan 180,4 KWh/m2, dan vokasi dengan 257,7 KWh/m2. Pada skenario pembayaran denda kedua standar efisien IKE ditetapkan berdasarkan hasil rata-rata IKE seluruh fakultas yaitu 144,24 KWh/m2. Terdapat 4 fakultas dengan IKE melebih standar yaitu FIB, FMIPA, dan Vokasi dengan besar IKE yang telah disebutkan, dan Fasilkom dengan 166,8 KWh/m2. Setelah skenario pembayaran denda, akan dilakukan upaya penghematan energi seperti pemakaian LED sebagai sistem penerangan, dan pemakaian air conditioner dengan teknologi inverter sebagai pendingin udara juga infrastruktur pendukung konservasi energi.

Article Details

Section
Articles

References

Ardiansyah, A. (2020). Monitoring Daya Listrik Berbasis IoT (Internet of Things). Yogyakarta: Universitas Islam Indonesia.

Joto, R. (2013). Studi Perbandingan Pemakaian Energi Air Conditioner Inverter dengan Air Conditioner Konvensional. ELTEK, 11(1), 111 - 121.

Kartika, S. A. (2018). Analisis Konsumsi Energi dan Program Konservasi Energi (Studi Kasus : Gedung Perkantoran dan Kompleks Perumahan TI). SEBATIK, 22(2), 41-50.

Kurniawan, R. (2019). Analisis Studi Kelayakan Keuangan Sentra Peningkatan Performa Olahraga Indonesia (SP2OI) di Menara Mandiri. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Keuangan, 2(1), 23 - 36.

Nayomi, H. (2013). Peluang Pemanfaatan Lampu LED Sebagai Sumber Penerangan . Depok: Universitas Indonesia.

Pradanugraha, M. A., & Sudiarto, B. (2022). Pengaruh Sistem Peredupan terhadap Efisiensi Energi Penerangan Jalan Umum pada Universitas Indonesia Berdasarkan Metode Lumen. PROtek, 9(1), 63 - 67.