TRAINER LIFT 3 LANTAI MENGGUNAKAN PLC UNTUK PEMBELAJARAN PRAKTIK DASAR SISTEM KONTROL PRODI PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG

Main Article Content

Restu Candra Ramadhan
Tatyantoro Andrasto

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuat trainer lift 3 lantai menggunakan PLC dengan menggunakan desain R&D (research and development). Trainer Lift 3 lantai yang telah dibuat untuk kemudian diujikan kepada para pakar dari dosen jurusan Elektro Unviresitas Negeri Semarang, guru yang memahami PLC, serta mahasiswa jurusan Pendidikan Teknik Elektro Universitas Negeri Semarang untuk menguji kelayakan Trainer Lift 3 lantai menggunakan PLC. Data yang dikumpulkan menggunakan teknik angket. Analisis data menggunakan metode deskriptif yang kemudian diubah ke dalam bentuk kuantitatif. Kemudian karena salah satu pakar meminta untuk melakukan uji – t sebagai syarat kelayakan dari Trainer yang telah dibuat, maka hasil dari perhitungan uji beda tersebut masuk dalam analisis data. Uji beda dilakukan dengan menggunakan pretest – posttest yang telah ditentukan oleh pakar. Penelitian ini melihat hasil dari pengujian produk yang akan diterapkan ke sejumlah responden. Hasil penelitian kemudian dijadikan suatu acuan pembuatan Trainer dan sebagai tolak ukur tentang kelayakan Trainer yang telah dibuat. Setelah dilakukan uji coba Trainer, diperoleh hasil dari penilaian uji pakar 80,55% (layak), dan hasil penilaian responden 82,7% (layak). Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa Trainer Lift 3 lantai menggunakan PLC layak digunakan sebagai media pembelajaran dalam mata kuliah praktik dasar sistem kontrol prodi Pendidikan Teknik Elektro Universitas Negeri Semarang.

This study aims to create a 3-floor elevator trainer uses PLC by using the design of R & D (research and development). Trainer lifts 3 floors which have been made for later tested to the experts from the Department of Electrical Unviresitas faculty of Semarang, teachers who understand the PLC, as well as students majoring in Electrical Engineering Education Semarang State University to test the feasibility of the elevator Trainer 3 floors using PLC. Data were collected using a questionnaire technique. Analysis of the data using descriptive method which is then converted into quantitative form. Then, as one of the experts asked to do the test - t as eligibility requirements of Trainer has been made, the results of different test calculations are included in the data analysis. Different test performed using a pretest - posttest which have been determined by experts. The research looked at the results of the test product to be applied to a number of respondents. The results of the study and then used as a reference for the manufacture Trainer and as a measure of the feasibility Trainer that has been made. After testing Trainer, the result of the test assessment experts 80.55% (feasible), and the results of that survey 82.7% (feasible). Based on the results, it can be concluded that the Trainer lifts 3 floors using PLC fit for use as a medium of learning in the subject of the basic practice of control systems department of Electrical Engineering Education, State University of Semarang.

 

Article Details

Section
Articles

References

Ali, Muhammad. 1993. Penelitian Kependidikan Prosedur dan Strategi. Bandung: Angkasa.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Bolton, William. 2004. PROGRAMMABLE LOGIC CONTROLLER (PLC) Sebuah Pengantar Edisi Ketiga. Jakarta: Erlangga.
Sudijono, Anas. 2008. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian PendidikanPendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Widiyanto, Andi. 2013. CX – Programmer. http://andiwidiyanto2tmk.blogspot.com/ (dikutip pada 22 juni 2014 pukul 07:00)