STUDI EKSPERIMEN PEMANFAATAN BLENDED LEARNING MODEL BERBASIS WEB SEBAGAI SUMBER BELAJAR GEOGRAFI

Main Article Content

Dwi Irmawati
Sriyono Sriyono
Apik Budi Santoso

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pelaksanaan pembelajaran blended learning model berbasis web sebagai sumber belajar geografi dan pembelajaran model konvensional, (2) perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan blended learning model berbasis web dan pembelajaran model konvensional. Populasi siswa kelas X SMA N 1 Parakan. Penentuan sampel menggunakan teknik purporsive sampling. Sampel penelitian yaitu siswa kelas X-4 dan X-6. Metode pengumpulan data dengan metode dokumentasi, observasi, angket dan tes. Teknik analisis data yaitu deskriptif persentase dan uji t. Hasil penelitian yaitu: kelas yang menggunakan blended learning model berbasis web rerata kinerja guru sebesar 78,33% dalam kriteria “baik”, aktivitas siswa ”aktif” pembelajaran dan siswa memberikan tanggapan “sangat tertarik”. Pada kelas siswa model konvensional rerata kinerja guru sebesar 65,83% kriteria “baik”, aktivitas siswa “cukup aktif” dalam  pembelajaran dan memberikan tanggapan “cukup tertarik” terhadap pembelajaran. Rerata hasil belajar geografi kelas eksperimen sebesar 76,78 dan kelas kontrol 72,71. Dengan uji t diperoleh thitung = 2,852 > ttabel = 2,000. Dapat disimpulkan bahwa (1) pelaksanaan pembelajaran blended learning model lebih baik dari pembelajaran konvensional (2) terdapat perbedaan rerata hasil belajar geografi antara siswa di kelas yang diajar dengan blended learning model dengan yang diajar dengan model konvensional.

This study aimed to determine: (1) the implementation of blended learning models of web-based learning and conventional model, (2) differences in learning using blended learning models and conventional models in  SMA N 1 Parakan. Population are studen`ts classs X SMA N 1 Parakan. Determination of the sample by technique purporsive sampling. The sample are students class X-4 and X-6. The method of data documentation, observation, questionnaires and tests. The data analysis technique used descriptive percentages and t-test. The results are : (1) the results showed uses blended learning model of web-based teachers average performance of 72,5% criteria “good” student activity “active” and the students responded “very interested”. In class with  conventional model of teacher performance by 65,83% criteria “good” student activity “quite active” and the students responded “quite active”. Learning results of experimental class at 76,78 and 72,71 control class. With t-test obtained by t- test = 2,852> t table = 2,000. It was concluded that (1) the implementation of blended learning model is better than conventional learning (2) there is difference of learning result between students by blended learning model with by conventional models.

Article Details

Section
Articles