Pemanfaatan Lingkungan Sekitar Sebagai Sumber Belajar Geografi Pada Materi Sumber Daya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Ma Tarbiyatul Islamiyah

Main Article Content

Salim Maisaroh
Haryanto Haryanto
Eva Banowati

Abstract

The environment which one of learning resources that teachers can be delive the material study. With this methods we hope the students have a direct experience about study. This research is intended to know the students responses about the utilization of the surrounding environment as a learning resource, to know the learning process in MA Tarbiyatul Islamiyah during teaching and learning activities using environment as a source of learning, and to know the influence of environment as a source of geography learning on resource material study in XI class with the improvement of student learning outcomes in MA Tarbiyatul Islamiyah.The research tehnik sampling is purposive sampling, with the sample class XI IPS 1 and Class XI IPS 2. Research data taken with three methods is test, questionnaire, and observation, analyzed by product moment and description. Utilization of the surrounding environment as a learning resource in this study is very good from students. From this research is known source of learning environment can improve student learning result equal to 18,7%. So the environment around as a learning resource can be useful to improve student learning outcomes Tarbiyatul Islamiyah MA on natural resources material study.


Sumber belajar yang dimanfaatkan oleh guru untuk menyampaikan materi pembelajaran salah satunya adalah lingkungan sekitar. Sumber belajar ini dipilih karena dapat memberikan pengalaman langsung kepada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tanggapan siswa mengenai pemanfaatan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar, untuk mengetahui proses pembelajaran di MA Tarbiyatul Islamiyah saat kegiatan belajar mengajar menggunakan lingkungan sekiatar sebagai sumber belajar, dan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar geografi pada materi sumber daya kelas XI terhadap peningkatan hasil belajar siswa di MA Tarbiyatul Islamiyah. Tehnik pengambilan sampelnya adalah purposive sampling, dengan sampel kelas XI IPS 1 dan Kelas XI IPS 2. Data diambil dengan tiga metode yaitu tes, angket, dan observasi, dianalisis dengan korelasi product moment dan diskrispi presentasi. Pemanfaatan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar dalam penelitian ini mendapatkan tanggapan yang sangat baik dari siswa. Dari penelitian ini diketahui bahwa sumber belajar lingkungan sekitar dapat meningkatkan hasil belajar siswa sebesar 18,7%. Jadi lingkungan sekitar sebagai sumber belajar dapat bermanfaat untuk meningkatkan hasil belajar siswa MA Tarbiyatul Islamiyah pada materi sumber daya alam

Article Details

Section
Articles