IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI SMA NEGERI SE-KABUPATEN SRAGEN TAHUN 2017

Main Article Content

Arinta Yuni Astanti
Eva Banowati
Hariyanto Hariyanto

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui implementasi pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi hasil belajar oleh guru geografi, (2) Mengetahui  kesesuaian perangkat pembelajaran (silabus dan RPP) guru geografi, (3) Mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan pembelajaran menggunakan kurikulum 2013 oleh guru geografi di SMA Negeri se-Kabupaten Sragen. Populasi penelitian adalah semua guru geografi dan siswa kelas X IPS. Sampel penelitian sebanyak 15 orang guru geografi yang diambil menggunakan teknik total sampling dan 117 siswa kelas X IPS yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan metode angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan implementasi kurikulum 2013 oleh guru geografi di SMA Negeri se-Kabupaten Sragen berada pada kategori baik. Hal ini dapat dilihat dengan penyusunan RPP dan Silabus yang dilakukan oleh guru sudah sesuai dengan tuntutan yang ada dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 103 Tahun 2014. Pada proses pembelajaran guru geografi sudah menerapkan pembelajaran dengan pendekatan saintifik yang terdiri dari mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi, dan mengomunikasikan. Pendekatan ini bertujuan untuk menuntun siswa secara aktif mengikuti proses pembelajaran.

Article Details

Section
Articles