KENDALA GURU IPS DALAM PENGGUNAAN MEDIA PETA DAN GLOBE PADA PEMBELAJARAN GEOGRAFI (Studi Kasus SMP/MTs se-Kecamatan Bangsri Kabupaten Jepara Tahun 2011)

Main Article Content

Listari Putri Sawiji

Abstract

Media pembelajaran  merupakan alat bantu dalam proses pembelajaran baik pembelajaran dalam kelas maupun luar kelas. Permasalahan yang akan dikaji adalah 1) Apakah yang menjadi kendala dalam proses pengajaran geografi pada SMP/MTs di kecamatan Bangsri?. 2) Apakah  kendala dalam penggunaan media peta dan globe dalam pembelajaran Geografi pada SMP/MTs di kecamatan Bangsri. Tujuan penelitian yaitu 1) untuk mengetahui kendala dalam pembelajaran  Geografi. 2) mengetahui kendala dalam  penggunaan  media peta dan globe dalam pembelajaran.Data diperoleh dengan menggunakan angket. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa penggunaan media peta dan globe pada SMP/MTs di Kecamatan Bangsri pada kriteria kurang baik. Kendala yang dihadapi dalam proses pembelajaran yaitu jumlah media peta dan globe yang masih sedikit, keadaan media peta dan globe yang rusak.

 

Learning Media is an invaluable tool in the learning process of learning both in the classroom and outside the classroom. Issues that will be examined are 1) what are the obstacles in the process of teaching geography in SMP / MTs in sub Bangsri? 2) whether the constraints in the use of media in teaching map and globe Geography on SMP / MTs in sub Bangsri? Purpose of this study were 1) to determine the obstacles in learning Geography 2) to constraints in the use of media in a map and globe in learning Geography. Data obtained using the  questionnaires. The conclusion of this research shows that media use maps and globes on SMP / MTs in District Bangsri the criteria is not good, because obstacles encountered. Obstacles encountered in the process of learning the number of media map and globe are still small, state media map and globe damaged.

Article Details

Section
Articles
Author Biography

Listari Putri Sawiji, Gedung C1 Lantai 2 FIS Unnes Kampus Sekaran, Gunungpati, Semarang, 50229

Program Studi Pendidikan Geografi, Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Semarang, Indonesia