PENDAYAGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN GEOGRAFI BERBASIS WEB PADA MATERI POKOK PERSEBARAN FLORA DAN FAUNA DI KELAS XI PROGRAM IPS SMA MASEHI KABUPATEN KUDUS TAHUN 2013/2014

Main Article Content

Brahmantya Himawan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendayagunaan media pembelajaran geografi berbasis WEB pada materi pokok persebaran flora dan fauna di kelas XI program IPS SMA Masehi Kabupaten Kudus. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas XI IPS . Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling yaitu seluruh siswa siswa kelas XI IPS. Variabel penelitian yaitu Rencana Pelaksanaan pembelajaran, Penggunaan media web internet, dan tanggapan siswa. Metode pengumpulan data menggunakan dokumentasi, observasi, wawancara, dan angket. Analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukan (1)Perangkat pelaksanaan pembelajaran memperoleh hasil persentase sebesar 82,64%, perangkat pembelajaran yang digunakan oleh guru  termasuk dalam kategori Baik; (2) Prosedur Penggunaan media pembelajaran geografi berbasis web memperoleh hasil persentase sebesar 71,04%, prosedur penggunaan media pembelajran termasuk dalam kategori yang Baik; (3) Tanggapan Siswa  terhadap pendayagunaan media memperoleh hasil sebesar 38,54% memberi tanggapan Sangat baik  sejumlah 15 siswa, 57,76% memberi tanggapan Baik yakni sejumlah 23 siswa, 3,70% memberi tanggapan Kurang baik  sejumlah 4 siswa, dan 0% member tanggapan Tidak baik  sejumlah 0 siswa. Simpulan akhir dari penelitian ini adalah Pendayagunaan media sudah Baik.

 

This research aims to know the utilization of WEB-based geography learning media on its subject matter the spread of flora and fauna in class XI IPS High School program Masehi Kudus. The population of the research was all students of Class XI IPS. Sampling technique using total sampling the entire student grade XI IPS. Research variables i.e. implementation plan learning, use of internet, web and media responses to the students. Method of collecting data using the documentation, observation, interviews, and a question form. Data analysis using descriptive percentage analysis. The research results indicate (1) the implementation of the learning results percentage of 82,64%, the learning tool used by teachers are included in the good category; (2) the procedure for the use of web-based geography learning media results percentage of 71,04%, learning media use procedures included in the good category; (3) the student Response to the utilization of results media 38,54% gave excellent responses a number of 15 students, 57,76% gave Good responses, a number of 23 students, 3.70% gave a number of not too good responses 4 students, and 0% member responses are not good number of 0 students.Summary of the research is the domestication of media is Good

Article Details

Section
Articles
Author Biography

Brahmantya Himawan, Gedung C1 Lantai 2 FIS Unnes Kampus Sekaran, Gunungpati, Semarang, 50229

Program Studi Pendidikan Geografi, Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Semarang, Indonesia