EFEKTIVITAS PEMANFAATAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA PEMBELAJARAN GEOGRAFI POKOK BAHASAN FENOMENA BIOSFER DAN PENGARUHNYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 DONOROJO JEPARA

Main Article Content

Dewi Sugiarti

Abstract

Media audio visual merupakan media yang tepat untuk digunakan dalam pembelajaran Geografi. Penelitian ini bertujuan mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi di kelas XI IPS yang diajar dengan memanfaatkan media audio visual dan hasil belajar siswa yang diajar tanpa memanfaatkan media audio visual serta mengetahui seberapa besar efektivitas pemanfaatan media audio visual terhadap hasil belajar geografi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran geografi di kelas XI IPS SMA Negeri 1 Donorojo pokok bahasan persebaran flora dan fauna dengan menggunakan media audio visual menjadi lebih efektif. Pemanfaatan media dikatakan efektif karena mendapatkan tanggapan positif dari siswa. Tanggapan postif siswa terhadap media pembelajaran di kelas eksperimen  menyatakan: 8 siswa (21,05%) sangat setuju, 20 siswa (52,63%) setuju, 10 siswa (26,32%) tidak berpendapat. Nilai rata-rata hasil belajar kognitif post test dikelas kontrol 73,89 dan rata-rata hasil belajar kognitif post test dikelas eksperimen 81,89. Nilai signifikasi sig (2-tailed) rata-rata nilai post test kelompok kontrol dan kelompok eksperimen (0,000 < 0,05) hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar kognitif antara pembelajaran menggunakan media audio visual dan pembelajaran yang tidak menggunakan media audio visual.

 

Audio visual is an appropriate media in learning Geography. This research aims to know  the students score in Geography subject wether students taught by audio visual media and without audio visual media, and to know how far the effectivity of the use of audio visual media in students learning Geography. The results showed that learning Geography in class XI IPS SMAN 1 Donorojo subject distribution of flora and fauna by using audio-visual media to be more effective. Effective use of the media says because getting a positive response from students. Positive response to the students in the experimental class instructional media claimed: 8 students (21,05%) strongly agreed, 20 students (52,63%) agreed, 10 students (26,32%) did not argue. The average value of cognitive achievement post test control class average of 73,89 and cognitive achievement post test experimental classroom 81,89. The value of significance sig (2-tailed) value of the average post-test control group and the experimental group (0,000 <0,05), these results indicate that there are differences between the cognitive achievement of learning using audio-visual media and learning are not using audio-visual media.

Article Details

Section
Articles
Author Biography

Dewi Sugiarti, Gedung C1 Lantai 2 FIS Unnes Kampus Sekaran, Gunungpati, Semarang, 50229

Program Studi Pendidikan Geografi, Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Semarang, Indonesia