EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO STREAMING TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN GEOGRAFI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 KENDAL TAHUN AJARAN 2013/2014

Main Article Content

Dhimas Aries Prasetya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui bagaimana efektivitas pembelajaran Geografi kompetensi dasar sumber daya alam dengan menggunakan media berbasis Video Streaming dibandingkan dengan menggunakan media Slide Power Point pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Kendal. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Kendal sejumlah 101 siswa. Sedangkan populasi yang digunakan adalah kelas XI IPS 1 dan Sampel dalam penelitian adalah  2 kelompok siswa kelas XI IPS 1 sebagai kelas kontrol dan eksperimen. Variabel dalam penelitian ini adalah variabel bebas berupa pelaksanaan dengan menggunakan media pembelajaran dan variabel terikat berupa prestasi belajar. Metode penelitian menggunakan pre experiment design. Metode pengumpulan data menggunakan dokumentasi, observasi, tes, angket. Hasil penelitian menunjukkan persentase prestasi belajar yang terdiri dari ranah kognitif siswa kelompok eksperimen adalah 81,10 dan kelompok kontrol sebesar 76,69,  dan hasil perhitungan t-test dengan taraf signifikansi 5% dan dk (26) diperoleh nilai  t hitung (1,86) > t tabel (1,71), sehingga berarti hipotesis alternatif  “diterimaâ€. Kesimpulan, pembelajaran menggunakan media pembelajaran berbasis Video Streaming berlangsung lebih efektif dibandingkan dengan menggunakan slide power point.

 

This study aimed to determine how the effectiveness of learning basic competencies Geography of natural resources by using media based streaming videos compared to using Slide Power Point media in class XI 1st Kendal  senior high school. Subjects in this study were students of class XI Social 1st Kendal senior high school include of 101 students. While the population used is class XI IPS 1 and the sample is two groups in the study were students of class XI IPS 1 as a control group and the other one an experimental group. The variable in this study is the independent variable in the form of implementation using instructional media and the dependent variable in the form of learning achievement. The method uses a pre experiment research design. Methods of data collection using the documentation, observation, tests, questionnaires. The results showed that the percentage of the learning achievement of students cognitive domain consists of the experimental group was 81.10 and 76.69 for the control group, and the results of the calculation of the t-test with a significance level of 5 % and dk (26) obtained t value (1.86) > t table (1.71), so that means the alternative hypothesis "acceptable". In conclusion, learning to use the media streaming video based learning takes place more effectively than by using power point slides.

Article Details

Section
Articles
Author Biography

Dhimas Aries Prasetya, Gedung C1 Lantai 2 FIS Unnes Kampus Sekaran, Gunungpati, Semarang, 50229

Program studi Pendidikan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Semarang, Indonesia