PERBEDAAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI ANTARA MEDIA POWER POINT DAN MEDIA CHART PADA MATERI HIDROSFER KELAS X SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2012/2013 SMA NEGERI 1 BANJARHARJO, BREBES

Main Article Content

Kurniasih Kurniasih

Abstract

Penelitian bertujuan: 1) Untuk mengetahui hasil belajar geografi materi hidrosfer yang pembelajarannya menggunakan media power point 2) Untuk mengetahui hasil belajar geografi materi hidrosfer yang pembelajarannya menggunakan media chart 3) Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar geografi materi hidrosfer antara pembelajaran yang menggunakan media power point dengan media chart. Populasi penelitian yaitu siswa kelas X SMA Negeri 1 Banjarharjo. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive random sampling. Variabel penelitian: 1) Hasil belajar siswa materi hidrosfer menggunakan media pembelajaran power point. 2) Hasil belajar siswa materi hidrosfer menggunakan media pembelajaran chart. Teknik analisis data yang digunakan yaitu menggunakan analisis deskriptif persentatif dan uji statistik uji-t. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Hasil belajar menggunakan media power point nilai rata-rata kognitif 80,65, sedangkan nilai rata- rata afektif pertemuan I 82,6, pertemuan II 85,1, dan pertemuan III 88,2. 2) Hasil belajar menggunakan media chart nilai rata-rata kognitif 72,60, sedangkan rata-rata nilai afektif pertemuan I 71,5, pertemuan II 76,9, dan pertemuan III 83,1. 3) Uji perbedaan diketahui bahwa t_hitung 4,095  dan  ttabel 1,67, taraf signifikasi 5% dan dk= 33 + 33 – 2 = 64, karena thitung > ttabel sehingga Ho ditolak dan Ha diterima.

 

Research aims: 1) To assess the learning outcomes of the hydrosphere geography learning materials using medium power point  2) To know the result of that study geography hydrosphere learning material using a media chart 3) To determine differences in learning outcomes between the hydrosphere geography teaching materials using the media power point with media charts. The study population are students of class X SMA Negeri 1 Banjarharjo, Purposive sampling technique using random sampling. Research variables: 1) Student learning outcomes hydrosphere material using instructional media power point. 2) Student learning outcomes hydrosphere material using instructional media charts. Data analysis techniques used are persentatif using descriptive analysis and t-test statistical test. The results showed: 1) The results of learning to use the media power point average cognitive score of 80,65, while the average value of 82,6 affective first meeting, the meeting II 85,1, and meeting III 88,2. 2) The result of learning to use the media charts the average value of cognitive 72,60, while the average value of 71,5 affective first meeting, the meeting II 76,9, and meeting III 83,1. 3) Test the difference is know that t-hitung 4.095 and t-tabel 1.67, 5% significance level and df = 33 + 33 – 2 = 64, because of t-hitung > t-table so that Ho is rejected and Ha sccepted.

Article Details

Section
Articles
Author Biography

Kurniasih Kurniasih, Gedung C1 Lantai 2 FIS Unnes Kampus Sekaran, Gunungpati, Semarang, 50229

Program studi Pendidikan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Semarang, Indonesia