TELAAH BUKU TEKS & PEMANFAATANNYA DALAM PEMBELAJARAN GEOGRAFI DI SMA NEGERI 1 TAPA KABUPATEN BONE BOLANGO PROVINSI GORONTALO

Main Article Content

Moh. Fahry Djuraini
Fitryane Lihawa
Rusiyah Rusiyah

Abstract

Data yang dapat menginformasikan efektivitas dalam pemanfaatan buku teks dalam proses pembelajaran sangat diperlukan. Informasi efektivitas pemanfaatan buku teks dapat menjadi bahan masukan dan pertimbangan dalam penerapan kebijakan-kebijakan yang akan di rencanakan oleh sekolah dalam membangun sekolah lebih maju di masa yang akan datang. Tujuan penelitian ini dilakukan yaitu untuk mengetahui kualitas dan pemanfaatan buku teks geografi dalam pembelajaran di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Tapa Kabupaten Bone Bolango. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, bertujuan untuk mendeskripsikan tentang kualitas dan pemanfaatan buku teks geografi berdasarkan hasil observasi di sekolah. Variabel dalam penelitian ini adalah pemanfaatan buku teks geografi di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Tapa Kabupaten Bone Bolango. Berdasarkan hasil dan pembahasan didapatkan informasi mengenai pemanfaatan buku teks geografi digunakan di sekolah SMA Negeri 1 Tapa Kabupaten Bone Bolango. Presentase skor akhir di dapatkan bahwa indikator pemanfaatan buku teks mendapatkan kriteria baik (85%), kemudian disusul indikator kualitas buku teks dengan kriteria baik (82%).

Article Details

Section
Articles