PENGEMBANGAN BUKU TEKS IPS SMP KURIKULUM 2013 KELAS VIII SEMESTER 1

Main Article Content

Devia Minggawati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model buku teks IPS SMP kurikulum 2013 kelas VIII Semester 1 yang kemudian diuji tingkat kelayakannya untuk mengetahui apakah buku teks layak digunakan sebagai bahan ajar oleh peserta didik di tingkat sekolah menengah pertama/MTs. Buku yang sebelumnya digunakan oleh siswa adalah buku KTSP yang belum terintegrasi dalam bentuk IPS dan belum mencakup aspek faktual, konseptual dan prosedural terpadu sehingga dilakukan pengembangan model buku teks IPS SMP kurikulum 2013 kelas VIII Semester 1. Jenis Penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) yaitu metode penelitian untuk menghasilkan suatu produk tertentu.Adapun teknik pengumpulan data melalui dokumentasi dan angket yang berisi lembar penilaian uji kelayakan bagi ahli materi, pembelajaran, grafika dan keterbacaan. Hasil rata-rata penilaian tahap akhir yang dilakukan oleh tim ahli menyatakan bahwa buku teks IPS SMP kurikulum 2013 kelas VIII semester 1 termasuk kedalam kategori sangat layak.

 

This research aims to determine the model of junior high social studies textbook curriculum 2013 class VIII Semester 1 were then tested to determine whether the level of appropriateness of textbook fit for use as a teaching material by learners at junior high school. The book which previously used by students is not yet a book that integrated curriculum in the form of social science and do not include factual aspects, conceptual and procedural integrity and therefore be the development of a model curriculum 2013 of junior high school social studies textbook grade VIII Semester 1. The research type used is the Research and Development (R &D) the method of research to produce a particular product. The data collection techniques through a questionnaire that contains documentation and feasibility studies for the assessment sheet material expert, learning, graphics and readability. Average yield of the final stage assessment conducted by a team of experts claim the textbook curriculum 2013 class VIII Semester 1 included with the criteria of very decent.

Article Details

Section
Articles
Author Biography

Devia Minggawati, Gedung C1 Lantai 2 FIS Unnes Kampus Sekaran, Gunungpati, Semarang, 50229

Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Ilmu sosial, Universitas Negeri semarang, Indonesia