PARTISIPASI SISWA DALAM PELAKSANAAN PROGRAM SEKOLAH BERWAWASAN LINGKUNGAN DAN MITIGASI BENCANA (SWALIBA) DI SMA NEGERI 2 KLATEN TAHUN 2014

Main Article Content

Hartika Argi Dewi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan Program Swaliba di SMA Negeri 2 Klaten serta mengetahui pengaruh tingkat pengetahuan terhadap partisipasi siswa dalam pelaksanaan Program Swaliba. Subjek penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 2 Klaten Tahun Ajaran 2013/ 2014 dengan menggunakan teknik Insidental Sampling kepada 100 responden. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis Deskriptif Presentase dan Analisis Regresi Sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan Swaliba di SMA Negeri 2 Klaten telah berjalan dengan baik, dan dari pengujian variabel tingkat pengetahuan terhadap partisipasi siswa dengan menggunakan R Square  menunjukkan angka 0,275 (28%) sehingga dinyatakan berpengaruh. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat pengetahuan terhadap partisipasi siswa dalam pelaksanaan Program Swaliba.

 

The purpose of this study was to determine the implementation of the Swaliba program at SMAN 2 Klaten and to determine the effects of knowledge level to the students' participation in the implementation of the Swaliba Program.The subjects were students of SMA Negeri 2 Klaten, Academic Year 2013/2014 by using Insidental Sampling  technique to 100 respondents. Data analysis method used  was Percentage descriptive analysis and Simple Regression Analysis. The results showed that the implementation of Swaliba at SMAN 2 Klaten has been going well, and the test of the variable of knowledge level towards the students’ participation by using R square showed score 0,275 (28%) so it can be said quite influential. So it can be concluded that there is a significant relationship between the level of knowledge of the students' participation in the implementation of the Swaliba Program.

Article Details

Section
Articles
Author Biography

Hartika Argi Dewi, Gedung C1 Lantai 2 FIS Unnes Kampus Sekaran, Gunungpati, Semarang, 50229

Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Ilmu sosial, Universitas Negeri semarang, Indonesia