PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR OUTDOOR STUDY PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI MATERI LINGKUNGAN HIDUP KELAS XI-IPS DI SMA NEGERI SE-KABUPATEN PEKALONGAN

Main Article Content

Siti Hayani
Apik Budi Santoso

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peran guru dalam memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar outdoor study pada mata pelajaran geografi khusunya pada materi lingkungan hidup serta aktivitas siswa didalamnya. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan pembelajaran outdoor study dan aktivitas siswa dalam pelaksanaan pembelajaran outdoor study pada mata pelajaran geografi materi lingkungan hidup kelas XI-IPS di SMA Negeri se-Kabupaten Pekalongan. Selain untuk mengetahui kedua hal tersebut penelitian ini juga digunakan untuk mengetahui apakah ada pengaruh antara pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar dengan hasil belajar siswa. Hasilnya bahwa pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar outdoor study di masing-masing sekolah berbeda begitupun dengan aktivitas siswanya. Berdasarkan hasil perhitungan uji regresi ditemukan bahwa tidak ada pengaruh antara pemanfatan lingkungan sebagai sumber belajar outdoor study dengan hasil belajar siswa.

Article Details

Section
Articles

References

Suharyono. 1995. Hubungan Antara Pengalaman Pendidikan Guru dengan Upaya Peningkatan Kualitas Pengajaran Geografi di Sejumlah SMU di Jawa Tengah. Artikel Penelitian. Semarang: Institut keguruan dan Ilmu Pendidikan Semarang