PERAN SERTA MASYARAKAT KLIDANG LOR DALAM UPAYA PELESTARIAN LINGKUNGAN OBJEK WISATA PANTAI SIGANDU KABUPATEN BATANG (Tinjauan Tingkat Pendidikan)

Main Article Content

Sahidun -

Abstract

Lingkungan hidup merupakan segala daya dan benda yang ada di bumi yang  harus dijaga. Apabila terjadi kerusakan lingkungan, maka itu akan mempengaruhi kehidupan manusia dan makhluk lainnya. Peran serta masyarakat dalam melestarikan lingkungan sangat diperlukan untuk mewujudkan lingkungan yang sehat, salah satu caranya adalah melalui pendidikan lingkungan hidup. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran serta masyarakat Klidang Lor dalam upaya pelestarian lingkungan yang ditinjau dari tingkat pendidikan. Metode pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner, dan wawancara sebagai data pendukung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran serta masyarakat Klidang Lor dalam upaya pelestarian Objek Wisata Pantai Sigandu Kabupaten Batang pada rata-rata  59,5%, dalam kriteria cukup. Selain itu, tidak ada pengaruh tingkat pendidikan terhadap peran serta masyarakat dalam pelestarian lingkungan.

Article Details

Section
Articles

References

BPS Kabupaten Batang. 2014. Kecamatan Batang dalam Angka Tahun 2014.(batangkab.bps.go.id).
Munib, Achmad dkk. 2011. Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang: UNNES PRESS.
Panudju, Bambang. 2009. Pengadaan Perumahan Kota dengan Peran Serta Masyarakat Berpenghasilan Rendah. Bandung: PT.ALUMNI.
Supardi, Imam. 1994. Lingkungan Hidup dan Kelestariannya. Bandung: ALUMNI.
Triatmodjo, Bambang. 2012. Perencanaan Bangunan Pantai. Yogyakarta: Beta Offset.
Undang-undang RI No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
Yunus, Hadi Sabari. 2010. Metodologi Penelitian Wilayah Kontemporer. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sukardi. 2009. Ekonomi 1 Untuk SMA/MA Kelas X. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Waluyo, Bagja. 2007. Sosiologi Menyelami Fenomena Sosial di Masyarakat. Bandung: Setia Purna.