PENINGKATAN PENGETAHUAN SISWA MELALUI MEDIA BUKLET KESIAPSIAGAAN BENCANA GEMPA BUMI DI SMA NEGERI 1 KEDUNGREJA TAHUN 2014

Main Article Content

Sugeng Riyadi
Dewi Leisnoor S

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengetahuan dari buklet kesiapsiagaan menghadapi bencana gempa bumi, mengetahui efektifitas penggunaan buklet kesiapsiagaan bencana gempa bumi di lingkungan sekolah tingkat SMA dan mengetahui respon siswa setalah menggunakn buklet kesiapsiagaan bencana gempa bumi. Penelitian ini termasuk jenis penelitian ekserimen. Teknik pemgumpulan data menggunakan angket, test dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu dengan rumus deskriptif presentase. Berdasarkan hasil penelitian buklet layak digunakan sebagai sumber informasi dan pembelajaran kesiapsiagaan bencana gempa bumi dengan rata-rata persentase tim ahli (Dosen dan Guru) sebesar 79,17% dengan kriteria “layakâ€. Hasil tanggapan siswa sebagai pengguna media menilai sangat baik dengan persentase 90,28%. Setelah dianalisis menggunakan perhitungan Uji Gain, terjadi peningkatan pengetahuan setelah menggunakan buklet sebesar 0,64 dengan kriteria “sedangâ€. Simpulan penelitian ini adalah buklet kesiapsiagaan bencana gempa bumi dinyatakan layak serta dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Article Details

Section
Articles

References

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
BNPB. Rencana Nasional Penanggulanagn Bencana 2011-1014
Kurniawan Lilik dkk.2011. Indeks Rawan Bencana Indonesia. Jakarta. BNPB.
Sehah,dkk.2012. Pemanfaaatan Data Seismisitas Umtuk Memetakan Tingkat Resiko Bencana Gempa Bumi Di Kawasan Eks-Karisidenan Banyumas Jawa Tengah.Dalam. Pengembangan Sumber Daya Pedesaan dan Kearifan Lokal Berkelanjutan.Purwokerto: Unsoed.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. yogyakarta: Cipta Karya.
Zakaria, Zufialdi, Ismawan dan Iyan Haryanto. 2011. Identifikasi Dan Mitigasi Pada Zona Rawan Gempa Bumi Di Jawa Barat. Bandung. Bulletin of Scientific Contibution. Vol 9. No. 1. 35-41.
www.cilacapkeb.go.id