HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN LINGKUNGAN HIDUP DENGAN SIKAP MAHASISWA DALAM PROGRAM KONSERVASI UNNES (STUDI KASUS PADA MAHASISWA JURUSAN GEOGRAFI FIS UNNES)

Main Article Content

eko ahmad riyanto
Sutardji Sutardji
Sunarko Sunarko

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) tingkat pengetahuan mahasiswa Jurusan Geografi tentang lingkungan hidup, 2) sikap mahasiswa Jurusan Geografi terhadap program konservasi Unnes, 3) hubungan antara pengetahuan tentang lingkungan hidup dengan sikap mahasiswa Jurusan Geografi dalam program konservasi Unnes. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik proposional sampel sebesar 25% dari populasi yaitu di dapat 78 mahasiswa. Variabel bebasnya adalah  pengetahuan mahasiswa tentang lingkungan hidup, variabel terikatnya adalah sikap mahasiswa dalam program konservasi Unnes. Metode pengumpulan data dengan tes, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif persentase dan korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan tingkat pengetahuan lingkungan hidup mahasiswa Jurusan Geografi sebagaian besar (lebih dari 73%) dalam kriteria tinggi, dan hanya 3,8% dalam criteria sendah. Artinya sekitar 23% dalam kriteria sedang. Sikap mahasiswa Jurusan Geografi dalam program konservasi Unnes yang termasuk dalam kriteria sangat baik ada 20 mahasiswa (25,6%), baik ada 55 mahasiswa (70,5%), sedang ada 3 mahasiswa (3,8%). Koefisien korelasi sebesar 0,248 > harga r tabel 0,220 pada taraf kepercayaan 95%, maka dapat disimpulkan ada hubungan yang signifikan antara pengetahuan lingkungan hidup dengan sikap mahasiswa Jurusan Geografi dalam program konservasi Unnes.


This study aims to determine: 1) Department of Geography student’s level of knowledge about the environment, 2) Department of Geography student attitudes toward Unnes conservation program, 3) The relationship between knowledge about the environment with the attitude of students in the Geography Department Unnes conservation program. Sampling was done by using a proportional sample of 25% of the population that is in the can 78 students. Independent variable is the knowledge of students about the environment, and the dependent variable is the attitude of students in Unnes conservation program. Methods of data collection is test, questionnaires, and documentation. Data analysis technique used is descriptive percentages and product moment correlation.
The results showed the level of environmental knowledge students of Department of Geography a large part (over 73%) in the high criteria, and only 3.8% in sendah criteria. This means that approximately 23% of the criteria were. The attitude of students in the Department of Geography Unnes conservation programs included in the criteria very well that there are 20 students (25.6%), whether there are 55 students (70.5%), while there are 3 students (3.8%). Correlation coefficient of 0.248> 0.220 r table at the price level of 95%, it can be concluded that there is a significant relationship between knowledge of the environment with the attitude of students in the Department of Geography Unnes conservation program.

Article Details

Section
Articles