KAJIAN KUALITAS PERANGKAT PEMBELAJARAN GEOGRAFI DI SMA/MA KABUPATEN KUDUS

Main Article Content

marlia devi roihanah
Eva Banowati
Purwadi Suhandini

Abstract

Fungsi guru diantaranya sebagai perencana, guru dituntut untuk memahami secara benar kurikulum yang berlaku, karakteristik siswa, fasilitas dan sumber daya yang ada, sehingga mampu menyusun perangkat pembalajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas perangkat pembelajaran Geografi Kudus tahun 2012. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru Geografi di SMA/MA Kabupaten Kudus, penentuan sampel dengan teknik Purposive Sampling, metode pengumpulan data dengan instrumen angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas perangkat pembelajaran Geografi di SMA/MA Kabupaten Kudus dalam kategori baik yaitu telah sesuai dengan Kurikulum Tingkat Satuan pendidikan (KTSP) dan Permendiknas RI Nomor 41 Tahun 2007. Kondisi demikian menunjukkan bahwa kompetensi professional dan pedagogis guru Geografi di Kabupaten dalam tingkat yang baik pula. Hasil tersebut perlu dipertahankan dan ditingkatkan kembali melalui seminar, workshop, dan pengembangan perangkat pembelajaran agar guru mampu menguasai dan mengaplikasikan perangkat tersebut secara maksimal dan up to date, sehingga pembelajaran menjadi lebih efektif dan efisien


Teacher functions such as planning, teachers are required to correctly understand the applicable curriculum, student characteristics, facilities and resources available, so that they can arrange teacing devices. This study aims to determine the quality of the learning sacred Geography in 2012. The population in this study were all in high school Geography teacher at SMA/ MA in Kudus, sampling with purposive sampling technique, method of data collection instruments questionnaires, observations, interviews, and documentation.The results showed that the quality of teaching Geography at SMA / MA Kudus in both categories are in accordance with the Education Unit Level Curriculum (EULC) and the Decree of the Minister of Indonesia Number 41 Year 2007. These conditions indicate that the professional competence and pedagogical Geography teacher in the district in a good rate anyway. These results need to be maintained and enhanced return through seminars, workshops, and the development of learning tools for teachers to master and apply these tools to the maximum and up to date, so that learning becomes more effective and efficient

Article Details

Section
Articles