KOMPETENSI PROFESIONAL GURU GEOGRAFI DALAM PEMBUATAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERDASARKAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) SMA DI KABUPATEN REMBANG

Main Article Content

Nina Rosiana
Heri Tjahjono
Moch. Arifien

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi profesional guru geografi dalam pembuatan perangkat pembelajaran berdasarkan KTSP, dan kendalanya. Subjek penelitian ini adalah guru-guru geografi di SMA. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, dokumentasi, angket, dan wawancara.  Analisis data yang digunakan adalah dengan rumus deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata kompetensi profesional guru geografi dalam membuat perangkat pembelajaran berdasarkan KTSP dari hasil angket adalah 77%, dari hasil observasi diperoleh 83% dan kendala yang dihadapi guru adalah kurangnya pengembangan perangkat pembelajaran, kurangnya media yang mendukung dalam pembelajaran, maka dapat disimpulkan bahwa kompetensi profesional guru geografi dalam pembuatan perangkat pembelajaran berdasarkan KTSP menguasai dengan kategori baik (80%) dan kendala guru bisa diatasi dengan pertemuan MGMP dengan memecahkan masalah dengan teman sejawat, memperoleh informasi untuk mengikuti seminar/lokakarya.

This study aims to understand professional geography teachers competency to make the learning tools based on KTSP and its constraints. The subject are senior high school geography teachers. Data collection techniquers by observation, documentations, questionnaire and interview. Analysis of the data is used prosentase descriptive formula. Based on  the result show average of professional geography teachers competency to make the learning tools based on KTSP from questionnaire result is 77% from observation result obtained 83% and constraints with faced by teachers are less of development learning tools less of learning media support, so can be concluded that professional geography teacher competency to make the learning tools based on KTSP mastering with good chategories (80%) and teacher’s handled by MGMP meeting solving and problem with colleague, get information to joining lokakarya workshop.

Article Details

Section
Articles