ANALISIS HASIL BELAJAR ULANGAN TENGAH SEMESTER DAN ULANGAN AKHIR SEMESTER MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS XSMA NEGERI 1 MAOS KABUPATEN CILACAP TAHUN 2013/2014

Main Article Content

Anggi Bagus Saputra

Abstract

SMA Negeri 1 Maos dibuka pada tahun 1986 hingga tahun 2015 memiliki prestasi yang tinggi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif persentase. Pengambilan sample dalam penelitian ini adalah total sampling dan untuk sample angket adalah simple random sampling.Hasil ulangan tengah semester 1 memiliki rata-rata sebesar 80,29 dan hasil ulangan tengah semester 2 memiliki rata-rata sebesar 80,71. Sedangkan nilai rata-rata ulangan akhir semester 1 yaitu sebesar 80,87 sedangkan rata-rata nilai ulangan akhir semester 2 adalah 80,71. Berdasarkan analisis hasil belajar ulangan tengah semester satu dan ulangan tengah semester dua menggunakan uji t berpasangan mendapatkan t hitung sebesar -0,69 dan t tabel sebesar 1,96, dengan taraf kepercayaan 95% dan dk=292-1=291. Analisis hasil ulangan akhir semester menggunakan uji t berpasangan mendapatkan t hitung sebesar 0,26 dan t tabel hitung sebesar 1,96, dengan taraf kepercayaan 95% dan dk=292-1=291. Karena t hitung berada pada daerah penerimaan H0 maka hasil tidak terdapat perbedaan signifikan, meskipun mengalami penurunan dan kenaikan angka. Faktoryang mempengaruhi hasil belajar adalah faktor internal dan eksternal.

SMA Negeri 1 Maos opened in 1986 to 2015 had a high achievement. This research uses descriptive method percentage. The sample in this study is total sampling and to sample questionnaire is simple random sampling. 1 midterm test results had an average of 80.29 and a midterm test results 2 has an average of 80.71. While the average value of replications end of term 1 is equal to 80.87 while the average value of repetition end of semester 2 is 80.71. Based on the analysis of the results of the study replicates and replicates midterm midterm two using paired t-test to get t count equal to -0.69 and t table by 1.96, with a 95% confidence level and dk = 292-1 = 291. Analysis of test results the end of the semester using the paired t-test gain of 0.26 t and t table count of 1.96, with a 95% confidence level and dk = 292-1 = 291. Because t is the reception area H0 then the results are not significant differences, although the decrease and increase in numbers. Factors affecting learning outcomes are internal and external factors.

 

Article Details

Section
Articles
Author Biography

Anggi Bagus Saputra, Gedung C1 Lantai 2 FIS Unnes Kampus Sekaran, Gunungpati, Semarang, 50229

Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Semarang, Indonesia

References

Arikunto, Suharsimi. 2002. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Azwar, Saifuddin. 2010. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No 19 Tahun 2005. Tentang Standar Nasional Pendidikan.
Slametoo, 2003. Belajar Dan Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta:
Sudijono, Anas. 2010. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

Sugiyono. 2010. MemahamiPenelitianKualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sukardi. 2009. Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Yogyakarta.

Undang-Undang Republik Indonesia No 20 tahun 2003. Tentang System Pendidikan Nasional.

Undang-Undang Republik Indonesia. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) No. 2 tahun 2011.

Undang-Undang Republik Indonesia. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) No. 20 tahun 2007.

W.J.S, Poerwadarminta. 2003. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka