Penguatan Konsep Pemrograman Berorientasi Objek Siswa Kelas XI RPL SMKN 2 Semarang

  • Seffy Kusuma Ningrum Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Semarang
  • Djuniadi Djuniadi Universitas Negeri Semarang

Abstract

Tujuan dari studi ini adalah untuk meningkatkan keterampilan pemrograman berorientasi objek siswa kelas XI RPL SMKN 2 Semarang. Metode yang digunakan adalah studi perbandingan dengan one sample t test. Penelitian ini mempunyai lima tahapan. Tahap pertama melakukan penilaian awal. Tahap kedua melakukan pembelajaran dengan belajar kelompok dan presentasi. Tahap ketiga memberi penugasan. Tahap keempat memberi penguatan konsep alur dan logika pemrograman. Tahap kelima, menyelesaikan kasus pemrograman berorientasi objek. Hasil analisis sebelum perlakuan didapatkan rata-rata nilai 70,74 dengan thitung = 0,340 serta nilai sig = 0,736 ≥ 0,05 sehingga dapat dikatakan bahwa rata–rata nilai siswa = 70. Kalau dilihat dari proporsinya, sampel dengan nilai <= 70 sebanyak 10 siswa dan sampel dengan nilai > 70 sebanyak 24 siswa. Hasil analisis setelah perlakuan diskusi kelompok dan presentasi didapatkan rata-rata nilai 84,56 dengan thitung = 17,047 serta nilai sig = 0,00 sehingga dapat dikatakan bahwa rata–rata nilai siswa >70. Sedangkan proporsinya, sampel dengan nilai >70  adalah seluruh siswa. Hasil analisis setelah perlakukan penguatan konsep pemrograman didapatkan rata-rata nilai 88,18 dengan thitung = 21,424 serta nilai sig = 0,00 sehingga dapat dikatakan bahwa rata–rata nilai siswa >70. Kalau dilihat dari proporsinya sampel dengan nilai >70 adalah seluruh siswa.

Published
2019-12-31
How to Cite
Ningrum, S., & Djuniadi, D. (2019). Penguatan Konsep Pemrograman Berorientasi Objek Siswa Kelas XI RPL SMKN 2 Semarang. Edu Komputika Journal, 6(2), 49-53. https://doi.org/10.15294/edukomputika.v6i2.35583