Perancangan Aplikasi 'Studi Al-Qur'an Intensif' Berbasis Website dengan menggunakan Pendekatan Design Sprint (Studi Kasus Studi Al-Qur'an Intensif UINSA)

  • Anna Retno Indrawati UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Yunia Putri Wardayanti Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Muhammad Syifaul Qolbi Romadlon Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Aditya Nur Arif Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Keywords: Al-Qur’an, Sistem Informasi, Website

Abstract

Belajar Al-Qur'an merupakan prioritas yang tidak boleh dilalaikan. Mengingat pentingnya mempelajari Al-Qur'an, maka perlu adanya bimbingan serta pendampingan. Oleh karena itu, kampus mengadakan program intensif mengaji dengan nama Studi Al-Qur'an Intensif. Seiring dengan perkembangan zaman maka dibutuhkan sebuah aplikasi dengan kemudahan pengolahan data yang mempermudah jalannya program Studi Al-Qur'an Intensif. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengembangkan aplikasi Studi Al-Qur'an Intensif berbasis website dengan pendekatan metode design sprint. Metode ini merupakan metode design dengan hasil protoype berdasarkan permasalahan yang ada, yang kemudian diimplementasikan dalam bentuk aplikasi dan diakhiri dengan pengujian. Proses pengujian dilakukan untuk mengetahui kelayakan aplikasi. Pengujian dilakukan dengan cara heuristic evaluation, pengujian black-box, dan usability testing. Dari hasil pengujian heuristic dihasilkan beberapa design prototype yang perlu diperbaiki, sedangkan dari hasil pengujian black-box menunjukkan aplikasi dapat berjalan dengan baik, sedangkan hasil dari usability testing menunjukkan ada beberapa fitur yang perlu dihapus atau ditambahkan. Saran untuk penelitian ini adalah perlu adanya waktu maintenance yang lebih untuk penyempurnaan fitur-fitur yang ada.

Kata kunci: Al-Qur'an, Sistem Informasi, Website

References

Al-Qathan, Syaikh Manna. Pengantar Studi Ilmu Al-Qur’an, Maktabah Wahbah, Kairo, 2014

Hamid, Abdul. Pengantar Studi Al-Qur’an, Prenadamedia Group, Jakarta, 2016

Medium, 2018. Product Design Sprint 101 – Bahasa Indonesia. https://medium.com/@iosipratama/product-design-sprint-101-bahasa-indonesia-4b2acde80540. 18 Mei 2020 (07.00)

Santos, Ivon dkk. (2019) Design Thinking Versus Design Sprint: A Comparative Study. In: Design, User Experience, and Usability. Design Philosophy and Theory. (vol. 11583)

Medium, 2019. Apa Itu Design Sprint dan Dan Bagaimana Cara Menjadi Sprint Master. https://medium.com/gits-apps-insight/apa-itu-design-sprint-dan-bagaimana-cara-menjadi-sprint-master-a35966f1dee8

CloudHost, 2019. Mengenal Apa Itu Design Sprint dan Manfaat untuk Startup. https://idcloudhost.com/mengenal-apa-itu-design-sprint-dan-manfaat-untuk-startup/

Ependi,Usman dkk. (2019)System Usability Scale Vs Heuristic Evaluation : A Review. Jurnal Teknik Mesin dan Ilmu Komputer (Vol.10 No.1)

Published
2020-06-30
How to Cite
Indrawati, A., Wardayanti, Y., Romadlon, M., & Arif, A. (2020). Perancangan Aplikasi ’Studi Al-Qur’an Intensif’ Berbasis Website dengan menggunakan Pendekatan Design Sprint (Studi Kasus Studi Al-Qur’an Intensif UINSA). Edu Komputika Journal, 7(1), 24-32. https://doi.org/10.15294/edukomputika.v7i1.38754

Most read articles by the same author(s)