Lestari Media Pembelajaran Interaktif Tumbuhan

  • Achmad Rifaldi Universitas Negeri Semarang
  • Prawidana Kurniawan Universitas Negeri Semarang
  • Manikowati Manikowati Balai Pengembangan Multimedia Pendidikan dan Kebudayaan
  • Anggraini Mulwinda Universitas Negeri Semarang
Keywords: Augmented Reality, Blackbox, Mobile Learning

Abstract

Lestari merupakan media pembelajaran interaktif dengan multi fitur dan mobile. Pengembangan aplikasi bertujuan untuk memberikan materi tumbuhan secara tulisan dan gambar serta menampilkan model 3D (tiga dimensi) sebagai alat peraga dalam menampilkan jaringan tumbuhan yang tidak dapat dilihat langsung tanpa adanya alat bantu. Metode yang digunakan dalam pengembangan menggunakan metode prototype. Pengujian dilakukan dalam memindai pola gambar, dimana Augmented reality terbatas dalam mengidentifikasi gambar pada penggunaan kertas, cahaya, dan jarak. Fungsionalitas tombol pada aplikasi diuji menggunakan metode black box yang mana fungsi telah berjalan baik, dinilai layak digunakan pada android.

 

References

Astuti, I. A. D., Sumarni, R. A., & Saraswati, D. L. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Mobile Learning berbasis Android. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 3(1), 57–62. https://doi.org/10.21009/jrpk.072.10

Kominfo. (2017). Survey Penggunaan TIK Serta Implikasi Terhadap Aspek Sosial Budaya Masyarakat. Jakarta: Pusat Penelitian dan Pengembangan Aplikasi Informatika dan Informasi dan Komunikasi Publik Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia.

Presman. (2002). Rekayasa Perangkat Lunak. Yogjakarta: Andi.

Rahmad, A. N., & Pribadi, F. S. (2018). Edu Komputika Journal. Edu Komputika Journal, 5(1), 33–43.

Badriyah. 2015. Efektifitas Proses Pembelajaran Dengan Pemanfaatan Media Pembelajaran. Jurnal Lentera Komunikasi Vol.1 No.1

Budiman, Agus. 2013. Efisiensi Metode Dan Media Pembelajaran Dalam Membangun Karakter Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal AtTa’dib. Vol. 8, No. 1, Juni 2013

Emda ,Amna . 2011. Pemanfaatan Media Dalam Pembelajaran Biologi Di Sekolah. Jurnal Ilmiah Didaktika Vol. Xii, No. 1

Gonzalez, M.A., Martin, M.E., Liamas, C., et al. (2015). Teaching and learning physics with smartphones. Journal of Cases on Information Technology, 17, 31-50.

Laurillard, D. (2007). edagogical forms for mobile learning in: Pachler, N. (ed) (2007) Mobile learning: towards a research agenda. London: WLE Centre, IoE.

Kitchenham, A. (2011). Models for interdisciplinary mobile learning: delivering information to students. Hersey PA: IGI Global. [5] Rogozin. (2012

Rosa, A. S. Dan M Shalahuddin 2013. Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur Dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika

Zairana, L., Djulia E., Harahap Herwina (2019). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Biologi Menggunakan Adobe Flash CS 6 Pada Materi Jaringan Tumbuhan. Jurnal Pelita Pendidikan

Nurmaningsih, Dwi Soelistya Dyah Jekti, Jamaluddin. 2013. Pengembangan Media Animasi Biologi dan Efektivitasnya Terhadap Peningkatan Minat serta Hasil Belajar Siswa SMA Negeri 7 Mataram. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains Edisi 1 Tahun ke-1

Janner, Simarmata. 2010. Rekayasa Perangkat Lunak. Yogyakarta: Penerbit Andi

Sommerville, Ian, 2011, Software Engineering (9th Edition). USA, Pearson Education.

Published
2021-06-30
How to Cite
Rifaldi, A., Kurniawan, P., Manikowati, M., & Mulwinda, A. (2021). Lestari Media Pembelajaran Interaktif Tumbuhan. Edu Komputika Journal, 8(1), 9-20. https://doi.org/10.15294/edukomputika.v8i1.42346