Edu Komputika Journal https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/edukom <p style="text-align: justify;">&nbsp;<strong>Edu Komputika Journal [E-ISSN:2599-297X]</strong></p> <p style="text-align: justify;">This journal publishes research and review papers about assessment model supported by Information Technology (IT), learning management system (LMS), development of learning tool and management information system for education.</p> en-US edukomputika@mail.unnes.ac.id (Putri Khoirin Nashiroh) edukomputika@mail.unnes.ac.id (Putri Khoirin Nashiroh) Wed, 30 Jun 2021 00:00:00 +0000 OJS 3.1.1.2 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Media Pembelajaran Taksonomi Hewan Berbasis Augmented Reality dengan Fitur Multi Target https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/edukom/article/view/40611 <p>Pelajaran Biologi memanfaatkan media sebagai alat bantu belajar, salah satu materinya adalah taksonomi hewan <em>vertebrata</em>. Menggunakan media seperti buku dan alat peraga siswa dituntut untuk memahami, mengidentifikasi, dan menjelaskan prinsip klasifikasi makhluk hidup <em>vertebrata. </em>&nbsp;Tidak semua media yang ada mencukupi kebutuhan siswa, beberapa memiliki kekurangan seperti gambar pada buku yang kurang jelas dan tidak semua alat peraga dimiliki sekolah sehingga membuat susasana belajar yang kurang mendukung. <em>Augmented Reality </em>(AR) merupakan teknologi yang dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran. Pada AR, metode <em>markerless </em>digunakan untuk mengatasi <em>marker</em> berpola hitam putih dan fitur <em>multi target </em>untuk menampilkan objek lebih dari satu. Tujuan penelitian ini untuk membuat dan mengetahui kelayakan aplikasi AR dengan fitur multi target sebagai media belajar taksonomi hewan. Penelitian mengadaptasi model <em>Analyze, Design, Development, Implementation, </em>dan <em>Evaluation</em> atau ADDIE. Teknik pengumpulan data menggunakan angket lalu dianalisis deskriptif menggunakan skala Likert. Hasil penelitian menunjukkan presentase skor validasi ahli media 80,26%, ahli materi 91,25%, uji pengguna guru 95,31% dan 84,23% untuk siswa. Simpulan: media pembelajaran yang dikembangkan layak untuk digunakan pada proses belajar mengajar di sekolah.</p> Arif Widodo, Aryo Baskoro Utomo ##submission.copyrightStatement## https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/edukom/article/view/40611 Wed, 30 Jun 2021 00:00:00 +0000 Lestari Media Pembelajaran Interaktif Tumbuhan https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/edukom/article/view/42346 <p>Lestari merupakan media pembelajaran interaktif dengan multi fitur dan <em>mobile. </em>Pengembangan aplikasi bertujuan untuk memberikan materi tumbuhan secara tulisan dan gambar serta menampilkan model 3D (tiga dimensi) sebagai alat peraga dalam menampilkan jaringan tumbuhan yang tidak dapat dilihat langsung tanpa adanya alat bantu. Metode yang digunakan dalam pengembangan menggunakan metode prototype. Pengujian dilakukan dalam memindai pola gambar, dimana Augmented reality terbatas dalam mengidentifikasi gambar pada penggunaan kertas, cahaya, dan jarak. Fungsionalitas tombol pada aplikasi diuji menggunakan metode black box yang mana fungsi telah berjalan baik, dinilai layak digunakan pada android.</p> <p>&nbsp;</p> Achmad Rifaldi, Prawidana Kurniawan, Manikowati Manikowati, Anggraini Mulwinda ##submission.copyrightStatement## https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/edukom/article/view/42346 Wed, 30 Jun 2021 00:00:00 +0000 Desain Modem Sistem Komunikasi Digital HF Berbasis Software Defined Radio https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/edukom/article/view/47297 <p>Sistem komunikasi <em>High Frequency</em> (HF) bekerja menggunakan gelombang radio pada frekuensi 3-30 MHz yang merambat dalam bentuk <em>skywave </em>dengan bantuan lapisan ionosfer. Sistem komunikasi HF saat ini masih terbatas pada pengiriman suara, diharapkan dapat mengirimkan pesan berupa teks dengan menerapkan sistem komunikasi digital. Penelitian ini melaporkan desain modem sistem komunikasi digital HF menggunakan perangkat <em>Software Defined Radio</em> (SDR) untuk implementasi yang mudah.&nbsp; Modulasi dan Demodulasi memiliki peranan penting dalam sistem komunikasi digital. Evaluasi sistem dilakukan dengan eksperiment untuk mengukur <em>Signal to Noise Ratio</em> (SNR), <em>Bit Error Rate</em> (BER), <em>Character Error Rate</em> (CER), dan <em>Frame Error Rate</em> (FER) pada tipe <em>pulse shaping Root Raised Cosine</em> dengan <em>Roll of Factor</em> 0,5. Hasil eksperiment menunjukan bahwa implementasi sistem pada platform SDR dengan <em>LabView</em> sebagai <em>user interface</em> berhasil dilakukan.</p> Agung Wicaksono, Eka Setia Nugraha ##submission.copyrightStatement## https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/edukom/article/view/47297 Wed, 30 Jun 2021 00:00:00 +0000 Aplikasi Penghitung Jarak dan Jumlah Orang Berbasis YOLO Sebagai Protokol Kesehatan Covid-19 https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/edukom/article/view/47837 <p>Pandemi Covid-19 saat ini cukup memberikan dampak pada masyarakat. Skala penyebaran dari Covid-19 sangatlah cepat, sehingga membutuhkan penanganan yang benar. &nbsp;Salah satu cara untuk mengurangi penyebaran Covid-19 adalah dengan melakukan <em>Social</em> <em>Distancing</em>. Namun masyarakat cenderung lalai dalam melaksanakan protokol kesehatan tersebut. &nbsp;Salah satu cara untuk mengatasi masalah ini adalah dengan aplikasi <em>social</em> <em>distancing</em> <em>detector</em> yaitu aplikasi yang digunakan untuk mendeteksi jumlah dan jarak dari objek manusia yang ada pada satu area. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi <em>social</em> <em>distancing</em> <em>detector</em> menggunakan bahasa pemrograman Python dengan library YOLOv3. YOLOv3 memiliki kelebihan dalam <em>object</em> <em>detection</em> dengan akurasi yang tinggi yaitu diatas 90%. Pengujian metode pada penelitian ini menggunakan lima dataset pejalan kaki dari kamera pengawas jalan yang didapatkan dari dataset uji coba beberapa peneliti melalui Github yang memiliki resolusi yang baik dan memiliki objek manusia yang heterogen. Hasil akurasi dari deteksi citra pertama adalah 83,32%. Hasil akurasi dari deteksi citra kedua adalah 76,92%. Hasil akurasi dari deteksi citra ketiga adalah 89,99%. Hasil akurasi dari deteksi citra keempat dan kelima adalah 100%. Hasil Rata-rata tingkat keberhasilan dari semua hasil analisa adalah 90,04% yang diukur dari rata-rata perbandingan jumlah data percobaan berhasil dan jumlah data pengamatan untuk tiap-tiap citra.</p> <p>&nbsp;</p> Faizal Indaryanto, Anan Nugroho, Alfa Faridh Suni ##submission.copyrightStatement## https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/edukom/article/view/47837 Wed, 30 Jun 2021 00:00:00 +0000 Pemanfaatan Metode Multiclass-SVM pada Model Klasifikasi Pesan Bencana Banjir di Twitter https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/edukom/article/view/47858 <p>Musibah bencana alam banjir merupakan salah satu musibah alam yang sangat umum kejadian di Indonesia baik di pulau Jawa ataupun di luar Pulau Jawa. Sumber informasi dari media social Twitter dapat digunakan sebagai <em>Social Network Sensor</em> (SNS) untuk bencana banjir. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan klasifikasi pesan twitter khususnya tentang bencana banjir sebagai hasil dari algoritma<em> machine learning. </em>Pada klasifikasi&nbsp; pesan bencana banjir&nbsp; dilakukan serangkaian proses <em>data</em> <em>preprocessing</em> dan dilanjutkan dengan ekstraksi fitur dan pembobotan kata dari data twitter. Berbagai teknik yang dilakukan pada proses <em>data p</em><em>reprocessing</em> berpengaruh terhadap tingkat akurasi hasil klasifikasi yang dihasilkan. Selanjutnya, penelitian ini menyampaikan bahwa algoritma <em>Support Vector Machine</em> (SVM) adalah sebuah algoritma dapat dimanfaatkan untuk klasifikasi data ke dalam tiga (3) kelas kelas saksi mata, kelas non saksi mata dan kelas tidak diketahui.&nbsp; Total jumlah data yang telah diolah sebanyak 3000 data untuk 3 kelas label data. Pendekatan metode <em>One Versus One</em> (OVO) untuk dua kelas label data dan <em>One Versus All</em> (OVA) untuk lebih dari dua kelas label pada algoritma SVM. Pada penelitian ini telah diterapkan algoritma <em>Support Vector Machine</em> untuk <em>multiclass</em> dengan metode OVA. Hasil eksperimen telah menunjukkan pendekatan OVA pada algoritma SVM dengan kernel RBF menghasilkan evaluasi performansi yang paling tinggi. Hasil evaluasi tersebut adalah nilai akurasi hingga 87.03%. Sedangkan hasil riset sebelumnya dengan algoritma SVM tetapi pendekatan yang berbeda hanya mencapai nilai akurasi hingga 77.87%.</p> Mera Kartika Delimayanti, Risna Sari, Mauldy Laya, Muhammad Reza Faisal, Pahrul Pahrul ##submission.copyrightStatement## https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/edukom/article/view/47858 Wed, 30 Jun 2021 00:00:00 +0000 Implementasi Penetration Testing Execution Standard Untuk Uji Penetrasi Pada Layanan Single Sign-On https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/edukom/article/view/47179 <p><em>Increasing the use of single sign-on technology by electronic-based service providers in addition to providing benefits also creates vulnerability. Penetration testing needed to identify vulnerabilities and test system security by exploiting those vulnerabilities. This research implements the Penetration Testing Execution Standard (PTES) for penetration testing of single singn-on services. Seven stages of the penetration test had done and 12 vulnerabilities were identified, consisting of 3 medium vulnerabilities, 6 low vulnerabilities and 3 information vulnerabilities. Six cyberattacks have been carried out to exploit the vulnerability with the result of 3 successful attacks and 3 failed attacks. Based on the results of the vulnerability and exploitation analysis, recommendations are given consist of regular updating and patching efforts, configuration of the CSP header and content-type-option header on the web server and application server, validation of the host header configuration, x-content-type-options header and deactivation. x-forwarded- hosted on every web page, configure 'secure' flag on cookies, add metacharacter filter feature in source code, and limit login attempts. The results of the PTES’s implementation are proven to make it easier for testers to carry out penetration tests and effectively prevent disputes between testers and clients due to differences in the scope of testing.</em></p> <p>&nbsp;</p> Septia Ulfa Sunaringtyas, Djodi Surya Prayoga ##submission.copyrightStatement## https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/edukom/article/view/47179 Wed, 30 Jun 2021 00:00:00 +0000 Markerless Augmented Reality (AR) pada Media Pembelajaran Pengenalan Komponen Transmisi Manual Mobil https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/edukom/article/view/44484 <p><em>Nowdays technology has developed very rapidly. Technological development that are currently being developed by many game developers and other applications, is Augmented Reality (AR). AR can be used as an alternative learning media, such as for the introduction of manual transmission components in cars. The study was aimed to develop a learning media application for the introduction of manual transmission components in cars and to test the feasibility of applications to support learning based on Markerless Augmented Reality. This application development method used SDLC or System Development Life Cycle software. The SDLC model that used in this study was the Waterfall model. SDLC consists of the planning, analysis, design, implementation, testing and maintenance. This reaction produced an AR application of Manual Car Transmission which contains material on the introduction of car manual transmission components. Testing applications included blackbox, media and material feasibility, and user response testing. The blackbox testing result got 100 %. The media feasibility analysis show that the assessment of media experts was 87,5 %, material expert 94,4 %, and user response was 85,47 %. From that the AR learning media application manual transmission of cars is categorized as “feasible” to be used as learning media applications.</em></p> Triska Widya Indriyani, Agus Suryanto ##submission.copyrightStatement## https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/edukom/article/view/44484 Wed, 30 Jun 2021 00:00:00 +0000 Pemahaman Konsep Pemrograman Melalui Modul Problem Based Learning https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/edukom/article/view/45516 <p>Pemahaman konsep pemrograman berorientasi objek adalah kemampuan untuk menerjemahkan atau menangkap maksud dari konsep pemrograman berorientasi objek. Mahasiswa dikatakan telah memahami konsep pemrograman jika mereka dapat menerapkan logika berfikir yang telah mereka pahami dalam kegiatan belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan modul PBO berbasis PBL pada pemahaman konsep pemrograman dan tingkat pengaruh penggunaan modul PBO berbasis PBL terhadap pemahaman konsep pemrograman mahasiswa dalam Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi. Jenis penelitian yaitu kuantitatif dengan desain pra-eksperimental tipe One - Group Pretest-Posttest Design dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa yang telah mengampuh mata kuliah PBO sejumlah 20 mahasiswa. Instrument yang digunakan yaitu tes pemahaman konsep dan angket respon mahasiswa yang dianalisis&nbsp; menggunakan analisis regresi sederhana. Pertanyaan tes diberikan sebelum dan sesudah proses pembelajaran dengan menggunakan modul PBO berbasis PBL dan merujuk pada indikator pemahaman konsep sesuai dengan capaian mata kuliah. Hasil uji hipotesis menunjukkan nilai sig 0,03 &lt;0,05 maka H0 ditolak, dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh modul PBO terhadap pemahaman konsep pemrograman mahasiswa dengan besar pengaruh adalah 40,6%.</p> Fitria Nur Hasanah ##submission.copyrightStatement## https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/edukom/article/view/45516 Wed, 30 Jun 2021 00:00:00 +0000