ANALISIS KEMAMPUAN MENATA ARSIP SISWA JURUSAN ADMINISTRASI PERKANTORAN

Main Article Content

Bunga Aprilia Kartini
s Martono

Abstract

Salah satu kemampuan yang harus dimiliki Program Administrasi Perkantoran adalah kompetensi dasar penataan dokumen. Kompetensi yang diharapkan dari kompetensi penataan dokumen adalah dapat menyimpan dan menemukan kembali dokumen/arsip sesuai dengan sistem yang diterapkan dalam perusahaan. Pembelajaran yang terjadi di SMK PGRI 2 Salatiga, siswa jurusan Administrasi Perkantoran tidak mendapatkan praktik menemukan kembali arsip/dokumen serta tidak ada laboratorium khusus kearsipan. Hal ini tentu akan mempengaruhi kemampuan lulusan dari siswa-siswanya. Kemampuan tersebut akan berujung pada kemampuan lulusan dalam memenuhi standar kerja suatu perusahaan atau organisasi. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI Jurusan Administrasi Perkantoran SMK PGRI 2 Salatiga yang terdiri dari 2 kelas dengan jumlah 64 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan angka indeks. Hasil Penelitian menunjukan bahwa rata-rata kemampuan siswa dalam menata dokumen/arsip dengan angka indeks adalah sebesar 68,85 hal tersebut menunjukkan bahwa siswa umumnya memiliki kemampuan yang sedang, walaupun secara teori pemahaman siswa sudah cukup baik namun secara praktik siswa masih memiliki kekurangan yaitu siswa kurang menguasai dalam praktik mengindeks, memberikan kode penyimpanan, pencatatan kartu pinjam arsip, membaca kode penyimpanan dan prosedur penemuan kembali arsip/dokumen. Siswa juga belum diajarkan praktik penyimpanan sistem wilayah, sistem nomor dan sistem subjek/perihal sehingga kemampuan meraka dalam sistem penyimpanan tersebut masih kurang serta siswa juga belum diajarkan praktik penemuan kembali surat/arsip.

Office Administration program is one of the must have skills that are the basis of the competencies document setup. Learning happens in SMK PGRI 2 Salatiga , students in Administrative Offices don’t get practice rediscoverd archive/document and there is no specific laboratory archives. This capabilities will culminate on the ability of graduates of the Academy students. This certainly will affect to ability of the ability of the graduates to meet the standard of work a company or organization. The population in this research is XI Office Administration ini SMK PGRI 2 Salatiga of 2 classes with a total of 64 students. This research is quantitative descriptive with technic method using interviews, questionnaires and observation. Analysis techniques used areby number index. Results of the study showed that the average student’s abilities inorganizing documents/archives with index number is 68,85 it showed that students generally have abilities that are middle level, although in theory the students understanding but in practice students still have don’t understand, namely students in the practice of indexing, giving the code storage, record keeping card loan archive, read the code storage and procedure forre-discovery archive/document. Students also have not been taught the practice system area, system number and subject/theme so that the ability of the storage systems within the students is still lacking and students also have not been taught the practice of rediscovery of document/archies.

Article Details

How to Cite
Kartini, B., & Martono, s. (1). ANALISIS KEMAMPUAN MENATA ARSIP SISWA JURUSAN ADMINISTRASI PERKANTORAN. Economic Education Analysis Journal, 5(1). Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/eeaj/article/view/10000
Section
Articles

References

Yassierli. 2013. “Effects of Working Ability, Working Condition, Motivation and Incentive on Employees Multi-Dimentional Performance”. Dalam Jurnal International Jurnal of Innovation, Management and Technology. Vol 4 No. 6, Desember 2013.
Ali, Yunasril. 2007. Pendidikan yang Inovatif bagi Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia. Dalam Jurnal Innovation. Volume 6 No. 12. Hal 225.
Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Endang R, Sri., Srimulyani, suyetty. 2006. Model Mengelola dan Menjaga Sistem Kearsipan untuk SMK dan MAK. Jakarta: Erlangga.
-----. 2012. Modul Melakukan Prosedur Administrasi untuk SMK dan MAK. Jakarta: Erlangga.
Ferdinand, Augusty. 2011. Metode Penelitian Manajemen. Semarang: Badan Penerbit UNDIP.
Gie, The Liang. 2009. Administrasi Perkantoran Modern. Yogyakarta: Liberty.
Jaya, Indra. 2012. “Pengaruh Kemampuan dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Dinas Pendidikan Kabupaten Tanjung Jabung Barat”. Dalam Jurnal Penelitian Universitas Jambi. Volumen 14 No. 1, Januari – Juni 2012. Halaman 37-46. Jambi: Universitas Jambi.
Mathindas, R. 1997. Manajemen SDM Lewat Konsep A.K.U. Jakarta: Pustaka Utama Grafiti.
Mathis, Robert L and Jhon. H. Jackson. 2006. Human Resource Management. Jakarta: Salemba Empat.
Robbins, Stephen P. dan Timothi A. J. 2008. Perilaku Organisasi. Jakarta:Salemba Empat.
Soekamto dan Winataputra. 1997. Teori Belajar dan Model-Model Pembelajaran. Jakarta: PAU-PPAI Universitas Terbuka.
Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Suwarno, Wiji. 2008. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jogjakarta: Ruzz Media.
Undang-undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Penedidikan Nasional. 2003. Jakarta.
Wirawan. 2009. Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia Teori, Aplikasi dan Penelitian. Jakarta: Salemba Empat.
Wyatt, Thomas and Chay Yue Wah. 2001. “Perception of QWL: a Study Of Singaporean Employees Developmen”. Management Memo. P.8.17.
Yudi dan Hudaniah. 2013. “Self Effieciency dengan Kesiapan Kerja Siswa SMK”. Dalam Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan. Volume 01 No. 07 Halaman 39-51 Bandung: UNPAD.