FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KESIAPAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMK NEGERI 1 SLAWI TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Main Article Content
Abstract
Kesiapan belajar merupakan suatu kondisi secara menyeluruh yang membuat peserta didik siap memberikan tanggapan terhadap suatu situasi yang dihadapi. Observasi awal menunjukkan kesiapan belajar kelas X Administrasi Perkantoran tergolong rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor – faktor apa sajakah yang mempengaruhi kesiapan belajar peserta didik kelas X Adminitrasi Perkantoran di SMK Negeri 1 Slawi Tahun Pelajaran 2015/2016. Sampel yang digunakan dalam penelitian sebanyak 96 orang dengan menggunakan teknik proportional random sampling. Teknik pengambilan data dengan menggunakan dokumentasi dan angket. Hasil analisis faktor menunjukkan bahwa terdapat enam faktor baru yang terbentuk, antara lain 1) faktor psikis dan tugas rumah memiliki kontribusi sebesar 36,051%, 2) faktor keterampilan sosial dan mass media memiliki kontribusi sebesar 7,823%, 3) faktor lingkungan sekolah memiliki kontribusi sebesar 6,396%, 4) faktor empati dan lingkungan masyarakat memiliki kontribusi sebesar 4,987%., 5) faktor jasmani memiliki kontribusi sebesar 4,689%, dan 6) faktor kebutuhan memiliki kontribusi sebesar 4,607%. Simpulan dari penelitian ini adalah dari 22 variabel yang dianalisis diperoleh enam faktor baru yang memiliki pengaruh terhadap kesiapan belajar peserta didik kelas X Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 1 Slawi Tahun Pelajaran 2015/2016 sebesar 64,554% dan sisanya sebesar 35,446% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak ditentukan dalam model ini.
Learning is a process that is performed by individuals which results a behavior changing. First observation showed that learning readiness on grade X of Office Administration was low. This research aims to identify the Affecting Factors of Learning Readiness Students Office Administration on Grade X in SMK Negeri 1 Slawi in the Academic Year 2015/2016. The samples in this research were 96 people using proportional random sampling techniques. Data collection techniques were using documentation and questionnaires. The results of the factor analysis showed that there were six new factors were formed, among others, 1) the psychological factor and housework have 36.051% contribution, 2) factors of social skills and the mass media have 7.823% contribution, 3) environmental schools factors have 6.396% contribution, 4) empathy and community factors have 4.987% contribution, 5) physical factors have 4.689% contribution, and 6) requirement factors have a contribution of 4.607%. The Conclusions of this research is the analysis of 22 variables obtained six new factors that have an influence on the learning readiness in grade X students Office Administration in SMK Negeri 1 Slawi in the academic year 2015/2016 amounted to 64.554% and the remaining 35.446% is influenced by other factors not specified in this model.