PERAN CARA BELAJAR DALAM MEMEDIASI PENGARUH INTERNET SEBAGAI SUMBER BELAJAR DAN KEPERCAYAAN DIRI TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI

Main Article Content

Siti Nurdianti
Ahmad Nurkhin

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran cara belajar dalam memediasi pengaruh pemanfaatan interent sebagai sumber belajar dan kepercayaan diri terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA N 2 Rembang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA N 2 Rembang pada tahun 2015. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah sampel jenuh sejumlah 111 siswa Metode pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan angket. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis jalur, sobel test. Hasil penelitian menunjukan adanya hubungan positif dan signifikan antara semua variabel secara parsial yakni pemanfaatan internet sebagai sumber belajar terhadap hasil belajar ekonomi (19.7%), kepercayaan diri terhadap hhasil belajar ekonomi (16,8%), cara belajar terhadap hasil belajar ekonomi (32,1%), pemanfaatan internet terhadap cara belajar (62%), kepercayaan diri terhadap cara belajar (34,8%), pemanfaatan internet sebagai sumber belajar melalui cara belajar terhadap hasil belajar ekonomi (19,9%), kepercayaan diri melalui cara belajar terhadap hasil belajar ekonomi (11,2%). Disimpulkan, cara belajar berpengaruh terhadap hasil belajar ekonomi baik secara langsung maupun tidak langsung melalui pemanfaatan internet sebagai sumber belajar maupun kepercayaan diri.


The aim of this research is to know the role of learning way in mediating the effect of the use of the internet as a source of learning and self-confindence toward economic learning outcomes of 11th social students class at SMA N 2 Rembang Academic Year 2015/2016. The population of this research is all the students of SMA N 2 Rembang year 2015, sampling method used is the saturated samples a number of 111 students. Data collection method used is the method of documentation and questionnaire method, Data analysis method used is descriptive analyze, path analyze and sobel test. The results showed a positive and significant correlation between all variables partially is the results showed a positive and significant all variables partially is the use of the internet as a source of learning toward economics learning outcomes (19,7%), self-confidence toward economics learning outcomes (16,8%), ways of learning toward economics learning outcomes (32,1%), the use of the internet as a source of learning toward ways of learning (62%), self-confidence toward ways of learning (34,8%), the use of the internet as a source of learning through ways of learning as an intervening variable toward economic learning outcomes (19,9%), self-confidence through ways of learning as an intervening variable toward economic learning outcomes (11,2%). Summed up, learning way to economic learning outcomes either directly or indirectly through the use of the internet as a source of learning as well as self-confindence.

Article Details

How to Cite
Nurdianti, S., & Nurkhin, A. (2017). PERAN CARA BELAJAR DALAM MEMEDIASI PENGARUH INTERNET SEBAGAI SUMBER BELAJAR DAN KEPERCAYAAN DIRI TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI. Economic Education Analysis Journal, 5(3), 915. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/eeaj/article/view/13593
Section
Articles