PENGARUH KUALITAS POLA ASUH ORANG TUA, CARA BELAJAR DAN PERAN KELOMPOK TEMAN SEBAYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI
Main Article Content
Abstract
Berdasarkan observasi awal di MA YPI Klambu, diketahui bahwa belum semua siswa kelas XI IPS memperoleh prestasi belajar yang optimal. Adanya pengaruh positif antara kualitas pola asuh orang tua, cara belajar dan peran kelompok teman sebaya terhadap prestasi belajar siswa.Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPS MA YPI Klambu tahun ajaran 2014/2015. Jumlah sampel sebanyak 50 orang. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan kualitas pola asuh orang tua, cara belajar dan peran kelompok teman sebaya berpengaruh positif terhadap prestasi belajar. Kualitas pola asuh orang tua, cara belajar dan peran kelompok teman sebaya berpengaruh sebesar 65,1% secara simultan. Kualitas pola asuh orang tua berpengaruh sebesar 9,12%, cara belajar 14,06% dan peran kelompok teman sebaya 8,6% secara parsial. Kesimpulan penelitian berupa kualitas pola asuh orang tua, cara belajar dan peran kelompok teman sebaya berpengaruh positif terhadap prestasi belajar berdasarkan analisis parsial dan simultan. Saran yang diajukan: orang tua diharapkan menerapkan pola asuh demokratis dalam mendidik anak-anaknya, siswa diharapkan mempunyai cara belajar yang efektif untuk mendapatkan prestasi belajar yang baik, dan dianjurkan siswa mempunyai kelompok teman sebaya yang menunjang prestasi belajarnya.
Based on preliminary observations in MA YPI Klambu, it is known that not all students of class XI IPS obtain optimum learning achievement. The positive influence the quality of parenting parents, learning and the role of peer groups on learning achievement siswa.Populasi research were all students of class XI IPS MA YPI Klambu the academic year 2014/2015. The total sample of 50 people. Methods of data collection using questionnaires and documentation. While the method of data analysis used is descriptive and inferential statistical analysis. The results showed the quality of parenting parents, learning and the role of the peer group a positive effect on learning achievement. The quality of parenting parents, learning and the role of the peer group by 65.1% effect simultaneously. The quality of parenting parents influence by 9.12%, 14.06% and a way of learning the role of the peer group of 8.6% partially. The conclusion of this study is the quality of parenting parents, learning and the role of the peer group a positive effect on learning achievement based on an analysis of partial and simultaneous. Suggestions put forward: parents are expected to apply democratic parenting in educating their children, the students are expected to have an effective way of learning to get good academic achievement, and encouraged students to have peer groups that support academic achievement.