PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK, LINGKUNGAN KELUARGA DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI
Main Article Content
Abstract
Pestasi belajar adalah hasil yang dicapai oleh peserta didik setelah menempuh kegiatan belajar yang lazimnya ditunjukkan dengan nilai tes atau angka yang diberikan oleh guru.. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kompetensi pedagogik, lingkungan keluarga dan minat belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi kelas X IIS SMA Negeri 1 Kedungwuni Kabupaten Pekalongan Tahun Ajaran 2014/2015. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IIS SMA Negeri 1 Kedungwuni Tahun Ajaran 2014/2015 berjumlah 147 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu proportional random sampling. Kemudian sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 105 siswa. Metode yang digunakan dalam pengambilan data adalah angket dan dokumentasi. Data variabel dianalisis dengan statistik deskriptif persentase dan analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini secara statistk menunjukkan bahwa terdapat pengaruh secara simultan dan parsial kompetensi pedagogik, lingkungan keluarga dan minat belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi kelas X IIS SMA Negeri 1 Kedungwuni Kabupaten Pekalongan Tahun Ajaran 2014/2015. Saran yang dapat diberikan adalah siswa harus mengetahui cara guru dalam mengevaluasi hasil belajar agar ketika siswa mengetahui hasil belajarya, siswa dapat memperbaiki dan meningkatkan kualitas belajarnya dan siswa harus lebih memahami cara orang tua mendidiknya agar siswa memiliki semangat yang tinggi untuk belajar sehingga hal tersebut dapat meningkatkan prestasi belajar siswa serta siswa memberikan perhatian penuh terhadap pelajaran yang diberikan oleh guru sehingga siswa dapat memahami materi pembelajaran.
Learning achievement is the result gained by learners after a learning activity that is usually indicated by test scores or grade given by the teacher. The aim of this study is to find out the influence of pedagogic competence, family environment and interest in learning on learning achievement in economics of class X IIS in SMA Negeri 1 Kedungwuni Pekalongan in the Academic Year of 2014/2015. The population of this study was the students of class X IIS in SMA Negeri 1 Kedungwuni in the Academic Year of 2014/2015 that had the toal number of 147 students. The sampling technique used in this study was proportional random sampling. This study took 105 students as its sample. The writer collected data by giving questionnaires and taking documentation. The variable data were analyzed by precentage descriptive statistics and multiple regression analysis. This result statistically shows that pedagogic competence, family environment and interest in learning influence learning achievement of the students of class X IIS in SMA Negeri 1 Kedungwuni Pekalongan in the Academic Year of 2014/2015. Education is repairing and increasing the students study quality. Here, students must understanding more about the way their achievement. In the other side, the above aspect will makes them focus and understanding more on the materials which is given by their teacher.