PENGARUH CARA BELAJAR, KEMANDIRIAN BELAJAR, DAN LINGKUNGAN SOSIAL SEKOLAH TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI

Main Article Content

Turina Lasriza Hayutika
Subowo Subowo

Abstract

Hasil belajar dipengaruhi oleh faktor intern dan ekstern. Hasil observasi awal pada siswa kelas XI IIS SMA Negeri 1 Karangtengah Tahun Ajaran 2014/2015 menunjukkan bahwa sebagian besar siswa memperoleh hasil belajar ekonomi yang rendah. Sebanyak 86 siswa atau 69,36% dari 124 siswa memperoleh hasil nilai dibawah KKM. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh cara belajar, kemandirian belajar dan lingkungan sosial sekolah terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IIS SMA Negeri 1 Karangtengah Tahun Ajaran 2014/2015 baik secara simultan maupun parsial. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IIS SMA Negeri 1 Karangtengah yang berjumlah 124 dan Sampel sebesar 96 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan besarnya pengaruh secara simultan cara belajar, kemandirian belajar dan lingkungan sosial sekolah terhadap hasil belajar ekonomi sebesar 53,3%. Secara parsial menunjukkan ada pengaruh cara belajar terhadap hasil belajar ekonomi sebesar 11,42%, ada pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar ekonomi sebesar 17,98% dan ada pengaruh lingkungan sosial sekolah terhadap hasil belajar ekonomi sebesar 9,42%.


Learning Achievements is influenced by the internal and external factors. Preliminary observations on the students of class XI IIS SMA Negeri 1 Karangtengah school year 2014/2015 shows that most students obtain a low learning achievement. As many as 86 or 69,36% of the 124 students obtain grades below the KKM. The purpose of this study was to determine whether there is influence learning, independent learning and school social environment on learning outcomes IIS economy class XI student of SMAN 1 Academic Year 2014/2015 Karangtengah either simultaneously or partially. The population in this study of the entire grade of XI IIS SMA Negeri 1 Karangtengah which amounted to 124 and a sample of 96 students. Methods of data collection using questionnaires and documentation. While the method of data analysis uses descriptive and inferential statistical analysis. The results showed the magnitude of the influence of simultaneously reviewing, independence learning and social environment of the schools to study resultsof 53,3%. Partially indicate the influence of the reviewingto study results of 11,42% economic, there is the influence of independence learning to study results of economic 17,98% and there are the influence of social environment of the schools to study results of 9,42% economic.

Article Details

How to Cite
Hayutika, T., & Subowo, S. (2017). PENGARUH CARA BELAJAR, KEMANDIRIAN BELAJAR, DAN LINGKUNGAN SOSIAL SEKOLAH TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI. Economic Education Analysis Journal, 5(2), 679. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj/article/view/13671
Section
Articles