PENERAPAN METODE ROLE PLAYING PADA STANDAR KOMPETENSI MEMAHAMI KEGIATAN PELAKU EKONOMI DI MASYARAKAT MATA PELAJARAN IPS EKONOMI SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA SMP 4 KUDUS

Main Article Content

Muhamad Nukha Murtadlo

Abstract

Abstract

Tujuan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah:untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran dengan metode role playing pada standar kompetensi memahami kegiatan pelaku ekonomi di masyarakat mata pelajaran IPS ekonomi siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Kudus dapat meningkatkan aktifitas dan hasil belajar siswa. Pengumpulan data menggunakan metode role playing. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa diperoleh rata-rata hasil belajar siswa pada pre-test sebesar 44 dengan ketuntasan klasikal 0%. Siklus I pertemuan pertama sebesar 69 dengan ketuntasan klasikal 34%. Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I pertemuan kedua sebesar 79 dengan ketuntasan klasikal 66%. Kemudian memasuki siklus II pertemuan pertama rata-rata hasil belajar siswa meningkat menjadi 80 dengan ketuntasan klasikal 71%. Siklus II pertemuan kedua rata-rata hasil belajar siswa 82 dan ketuntasan klasikal 87%. Melalui penerapan metode role playing terjadi peningkatan hasil belajar siswa kelas VIII-H SMP 4 Kudus pada mata pelajaran IPS ekonomi standar kompetensi memahami kegiatan pelaku ekonomi di masyarakat. Saran yang berkaitan dengan hasil penelitian ini yaitu: guru hendaknya membimbing siswa dalam memerankan peran agar siswa dapat secara mantap dalam bermain peran dan siswa dapat memahami alur dan makna yang terkandung dalam materi yang disampaikan.

 

The purpose of this class action in this study were: to know the implementation of learning with role-playing methods in the standard of competence to understand the activities of economic actors in the economic social studies class VIII students of SMP Negeri 4 Ghost can increase the activity and student learning outcomes. Data collection using role playing. The results obtained show that the average student learning outcomes in the pre-test at 44 with a classical completeness 0%. I cycle 69 with the first meeting of the classical 34% completeness. Average student learning outcomes at the second meeting I cycle at 79 with a classical 66% completeness. Then enter the second cycle the first meeting of the average student learning outcomes increased to 80 with a classical 71% completeness. Cycle II, the second meeting of the average student learning outcomes 82 and 87% classical completeness. Through the application of the method of role playing an increase in class VIII students’ junior 4-H Spirit in social studies standards of competence to understand the economic activity of economic actors in society. Suggestions relating to the results of this study are: teachers should guide students in order to portray the role students can play a role in the steady and students can understand the plot and meaning contained in the material presented.

Article Details

How to Cite
Murtadlo, M. (1). PENERAPAN METODE ROLE PLAYING PADA STANDAR KOMPETENSI MEMAHAMI KEGIATAN PELAKU EKONOMI DI MASYARAKAT MATA PELAJARAN IPS EKONOMI SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA SMP 4 KUDUS. Economic Education Analysis Journal, 1(1). Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/eeaj/article/view/157
Section
Articles

References

Anni, Catharina Tri. 2006. Psikologi Belajar. Semarang: UNNES Press
Callahn, Joseph. 1982. Teaching In The Midlle and Secondary Schools. New York: Macmillan Publishing
Hatch, Thomas. 2006. Into The Classroom. San Francisco : Josey-Bass
Mahmud, M Dimyati. 1989. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan
Mardalis. 2008. Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: Bumi Aksara
Shaftel, Fannie R and George Shaftel. 1982. Role Playing In The Curriculum. New Jersey: Prentice- Hall
Suyanto. 2007. IPS Ekonomi SMP Jilid 2 untuk Kelas VIII. Jakarta: Erlangga
Uno, Hamzah B. 2009. Model Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
Wardhani, IGAK., dan Kuswaya Wihardit. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka