PENGARUH MOTIVASI, LINGKUNGAN KELUARGA, DAN TEMAN SEBAYA TERHADAP KEDISIPLINAN SISWA

Main Article Content

Yuli Yanti
Marimin Marimin

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh motivasi, lingkungan keluarga, dan teman sebaya terhadap kedisiplinan siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Jurusan Administrasi Perkantoran SMK N 2 Pekalongan yang berjumlah 62 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Metode analisis data menggunakan analisi regresi ganda, uji hipotesis, uji asumsi klasik, dan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi, lingkungan keluarga, dan teman sebaya berpengaruh positif dan signifikan terhadap kedisiplinan siswa. Motivasi, lingkungan keluarga, dan teman sebaya berpengaruh 68,7% terhadap kedisiplinan siswa secara simultan. Motivasi mempunyai pengaruh sebesar 9,36%, lingkungan keluarga mempunyai mempunyai pengaruh sebesar 8,29%, dan teman sebaya mempunyai pengaruh sebesar 10,56% secara parsial. Simpulan dari penelitian ini adalah motivasi, lingkungan keluarga, dan teman sebaya berpengaruh terhadap kedisiplinan siswa secara simultan maupun secara parsial. Saran yang diajukan adalah siswa diharapkan dapat selalu mematuhi tata tertib yang berlaku di sekolah, dan untuk peneliti selanjutnya dapat mencari variabel lain yang mempengaruhi kedisiplinan siswa.


The purpose of this research was to determine the effect of motivation, family environment, and peer to students discipline. The subjects were students of class X of Office Administration Department of SMK N 2 Pekalongan totalling 62 students. The data collection research method was in the form of questionnaire. The data analysis method used multiple regression analysis, hypothesis, testing, classical assumption, and descriptive analysis. The result showed motivation, family environment, and peer influence positively and significantly related to student discipline. Motivation, family environment, and peer affect 68,7% simultaneously. The motivation has an influence 9,36%, the family environment has an influence 8,29%, and peer has an influence 10,56% partially. The conclusions from this research is motivation, family environment, and peer influence the students discipline simultaneously and partially. It is suggested that the students are expected to always obey the code of school, and for the next researcher to look for other variables that affect students discipline.

Article Details

How to Cite
Yanti, Y., & Marimin, M. (2017). PENGARUH MOTIVASI, LINGKUNGAN KELUARGA, DAN TEMAN SEBAYA TERHADAP KEDISIPLINAN SISWA. Economic Education Analysis Journal, 6(2), 329-338. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj/article/view/16422
Section
Articles