PERAN HUMAS DALAM MENINGKATKAN CITRA SEKOLAH DI SMK YPE SUMPIUH KAB. BANYUMAS

Main Article Content

Israyati Tresna Ningsih
Hengky Pramusinto

Abstract

Citra adalah gambaran atas perilaku di mata orang lain dan masyarakat tentang kelompok, perusahaan atau instansi. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan citra, media yang digunakan dalam, kendala yang dihadapi humas dan usaha yang dilakukan humas dalam menghadapi kendala. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah metode penelitian kepustakaan dan studi lapangan yang meliputi observasi, dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa peran humas dalam meningkatkan citra SMK YPE Sumpiuh sudah cukup maksimal. Wujud kegiatan humas dalam rangka meningkatkan citra sekolah adalah dengan cara bakti sosial dalam masyarakat lingkungan sekolah, menjalin kerjasama dengan dunia industri, melaksanakan kegiatan HUT sekolah dengan melibatkan warga internal maupun eksternal sekolah, promosi ke SMP dan turut serta dalam kegiatan sosial keagamaan yang diadakan oleh masyarakat. Media yang digunakan humas diantaranya media elektronik, media cetak dan komunikasi langsung. Kendala yang sering dihadapi humas berasal dari dalam dan luar sekolah.


Image is an overview of the behaviour from people or group, and the company. The purpose of the research is to know the role of public relation on improving image, e.g the media are used, the problems are found out by public relation and the public relation’s effort facing the problems. The approach used in this research is a qualitative approach. The method used by researcher is literature study and field studies including observation, documentation and interview. The result of research shows that the role of public relation on improving the image SMK YPE Sumpiuh has been maximal. The realization of public relation activities in order to improve the school image by some ways e.g conducting social activities in society, establishing good relationship with industry, conducting school’s anniversary by involving citizens both of internal and external, promoting to junior high school, and actively participate in society’s activities. Media which are used in public relation is electronic media, printed media, and direct communication. Problems often faced by public relation comes from inside and outside of school.

Article Details

How to Cite
Ningsih, I., & Pramusinto, H. (2017). PERAN HUMAS DALAM MENINGKATKAN CITRA SEKOLAH DI SMK YPE SUMPIUH KAB. BANYUMAS. Economic Education Analysis Journal, 6(2), 408-420. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/eeaj/article/view/16432
Section
Articles