MODEL PENDAMPINGAN USAHA OLEH PEMERINTAH KEPADA UMKM KULIT DESA MASIN KECAMATAN WARUNGASEM KABUPATEN BATANG

Main Article Content

Chris Bayu Arbiyanto
Joko Widodo

Abstract

Pendampingan adalah membantu masyarakat baik individu maupun kelompok untuk menemukan kemampuan yang ada pada diri mereka. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pendekatan yang digunakan oleh pemerintah dalam melakukan pendampingan di kelompok usaha industri kulit. (2) Untuk mengatahui metode yang digunakan oleh pemerintah dalam melakukan pendampingan di kelompok usaha industri kulit. (3) Untuk mengetahui aspek-aspek yang menjadi sasaran pendampingan usaha oleh pemerintah di kelompok usaha industri kulit. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, pendampingan yang dilakukan oleh pemerintah sudah baik, hal ini dibuktikan dengan berkembangnya UMKM Kulit di Desa Masin setiap tahun. Pendampingan dilakukan pada aspek pemasaran, aspek permodalan, aspek sarana prasarana produksi. Pendampingan yang dilakukan oleh pemerintah kabupaten batang terbukti membuat omset yang diperoleh oleh pengusaha kulit di desa masin meningkat.


Mentoring is helping 'people Individuals as well as groups for review found the ability that is in them. Objective singer is (1) For knowing the approach used by the government to provide guidance in the hearts leather industry Business Group. (2) For knowing methods used by the government to provide guidance in the hearts leather industry Business Group. (3) For knowing aspects the targeted assistance efforts by the Government in the leather industry Business Group. Data collection methods used That is interview, observation, and documentation. Based on the findings of research, mentoring Performed By the Government's been good. This is evidenced by the development of SMEs leather in Masin village every year. Mentoring is done on aspect marketing, financial aspect , Production infrastructure aspect. Mentoring conducted by the district rod proven to make a turnover obtained by the employer leather in Masin village increases.

Article Details

How to Cite
Arbiyanto, C., & Widodo, J. (2017). MODEL PENDAMPINGAN USAHA OLEH PEMERINTAH KEPADA UMKM KULIT DESA MASIN KECAMATAN WARUNGASEM KABUPATEN BATANG. Economic Education Analysis Journal, 6(2), 612-620. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/eeaj/article/view/16449
Section
Articles