ANALISIS KOMPETENSI CALON GURU PROFESIONAL MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI DI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

  • Kartika Novitasari Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Khasan Setiaji Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Semarang, Indonesia

Abstract

Peningkatan mutu guru harus menjadi perhatian serius perguruan tinggi dengan melaksanakan reformasi perguruan tinggi yang menghasilkan calon guru   yang memiliki kompetensi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kompetensi calon guru profesional mahasiswa pendidikan ekonomi universitas  negeri  semarang.Sampel  penelitian  sebanyak  81  mahasiswa  Pendidikan  Ekomomi  Angkatan  2013. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode pengumpulan data berupa angket. Metode  analisis  yang  digunakan  adalah  analisis  statistik  deskriptif.  Hasil  penelitian  menunjukkan bahwa kompetensi calon guru dilihat dari kompetensi Dapat disimpulkan bahwa mahasiswa pendidikan ekonomi  sudah menguasai dengan baik kompetensi guru dilihat dari kompetensi profesional, pedagogik, kepribadian, dan sosial mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi di Universitas Negeri Semarang berada dalam kriteria baik. Hal ini menunjukan bahwa mahasiswa telah siap menjadi guru yang berkompeten.

The improving of teachers’ quality should be a serious concern for universities by implementing reformation of university that develops prospective teachers who have competences. This research aims to describe professional competence of prospective teachers in economic education students at  Universitas  Negeri  Semarang.The  sample  of  the  research  was  81  students  of  Economic Education batch 2013. This research used quantitative approach with inquiry method for collecting the data. Analysis method used descriptive statistics analysis. The results of the research show that professional competence of prospective teachers in economic education seen by professional was 64%, pedagogic competence was 74%, personality competence was 60%, social competence was 75%.Based on the results, it can be concluded that prospective teachers had understood the teacher competence seen by professional, pedagogic, personality, and social competence of Economic Education students at Universitas Negeri Semarang that was in good category.  It shows that students had been ready to be competent teachers.

Published
2018-01-08