PENGARUH MOTIVASI, SARANA PRASARANA, EFIKASI DIRI, DAN PENYESUAIAN DIRI TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR

  • Apriani Kartika Sari Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Muhsin Muhsin Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Fahrur Rozi Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Semarang, Indonesia

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar, sarana dan prasarana pembelajaran, efikasi diri, dan penyesuaian diri di sekolah terhadap kemandirian belajar siswa administrasi perkantoran SMK YPE Nusantara Slawi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Administrasi Perkantoran kelas X dan XI yaitu 198 siswa. Sedangkan sampel yang diambil sejumlah 132 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan observasi. Analisis data menggunakan metode analisis regresi linier berganda, uji asumsi klasik, deskriptif presentase, dan uji hipotesis dengan program SPSS 21. Hasil analisis regresi linier berganda diperoleh persamaan Y= -0,494 + 0,267 X1 + 0,128 X2 + 0,204 X3 + 0,340 X4. Uji keberartian persamaan regresi dengan uji F, diperoleh Fhitung = 75,320 dengan signifikansi 0,000 lebih kecil dari 0,05. Besarnya pengaruh secara simultan dari motivasi belajar, sarana dan prasarana pembelajaran, efikasi diri, dan penyesuaian diri di sekolah terhadap kemandirian belajar sebesar 69,4%. Sedangkan pengaruh secara parsial motivasi belajar sebesar 13,18%, sarana dan prasarana pembelajaran 3,17%, efikasi diri 5,66%, dan penyesuaian diri di sekolah 17,64%.

The purpose of this study is to determine the influence of learning motivation, learning facilities and infrastructure, self efficacy, and self adaptation to school on self regulated learning of the office administration students Vocational High School YPE Nusantara Slawi. The population of this research was all office administration students of class X and XI that is 198 students. While the sample was 132 students. Data collection methods used questionnaires and observation. Data analysis used multiple linear regression analysis method, classic assumption test, descriptive percentage, and hypothesis test by using SPSS 21 program. Results of multiple linear regression analysis obtained equation Y= -0,494 + 0,267 X1 + 0,128 X2 + 0,204 X3 + 0,340 X4. Test of significance of regression equation with F test, obtained Fcount = 75,320 with significance 0.000 less than 0,05. The amount of influence simultaneously from the learning motivation, learning facilities and infrastructure, self efficacy, self adaptation to school on self regulated learning equal to 69,4%. While the influence of partial for learning motivation that is 13,18%, learning facilities and infrastructure 3,17%, self efficacy 5,66%, and self adaptation to school 17,64%.

Published
2018-01-08