PENGARUH LOCUS OF CONTROL INTERNAL, LOCUS OF CONTROL EKSTERNAL, MANAJEMEN WAKTU, DAN KREATIVITAS MENGAJAR TERHADAP MOTIVASI BERPRESTASI

  • Dita Alfitami Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Ade Rustiana Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Semarang, Indonesia

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh eksternal, manajemen waktu, dan kreativitas mengajar terhadap motivasi berprestasi (studi kasus pada mata pelajaran pengantar administrasi perkantoran di kelas XI AP SMK N 1 Kendal tahun pelajaran 2016/2017). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI program studi Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Kendal tahun pelajaran 2016/2017 sejumlah 71 siswa. Sedangkan sampel yang diambil menggunakan sampel jenuh karena populasi kurang dari 100 responden. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu menggunakan angket. Analisis data menggunakan metode analisi regresi linear berganda, analisis uji asumsi klasik, analisi deskriptif persentase, dan analisis uji hipotesis dengan bantuan program SPSS 21. Hasil analisis regresi linear berganda diperoleh persamaan Y= -20,466 + 0,431 X1 + 0,301 X2 + 0,357 X3 + 0,364 X4 + e. Uji keberartian persamaan regresi dengan uji F, diperoleh Fhitung = 43,846 dengan signifikansi 0,000 dan lebih kecil dari 0,05. Besarnya pengaruh secara simultan atau bersama-sama dari locus of control internal, locus of control eksternal, manajemen waktu, dan kreativitas mengajar terhadap motivasi berprestasi yaitu sebesar 71%. Sedangkan pengaruh secara parsial atau sendiri- sendiri untuk locus of control internal yaitu sebesar 23,52%, locus of control eksternal sebesar 12,67%, manajemen waktu sebesar 22,84%, dan kreativitas mengajar yatiu sebesar 22,46%.

The aims of this research were to know the influence of the internal locus of control, external locus of control, time management, and teaching creativity to achievement motivation (case study in introduction to Office Administration subject in class XI AP SMK N 1 Kendal lesson school year 2016/2017.The population in this study were all the tenth graders of the Office Administration study program at SMK Negeri 1 Kendal with the total number of 71 students. While the sample taken used was saturated samples because the population were less than 100 respondents. Data collection method used in this research, which use questionnaire. The data analysis using multiple linear regression analysis method, classic assumption test analysis, percentage descriptive analysis, and hypothesis test analysis with the help of SPSS 21 programs. The finding shows the results of multiple linear regression analysis obtained equation Y = -20,466 + 0,431 X1 + 0,301 X2 + 0,357 X3 + 0,364 X4+ e. Test of significance of regression equation with F test, obtained count = 43,846 with significance0.000 and less than 0,05. The amount of influence simultaneously or together from locus of control, external locus of control, time management, and teaching creativity to achievement motivation was71%. While influence in partial or individually for internal locus of control was 23,52%, external locus of control 12,67%, time management 22,84%, and teaching creativity 22,46%.

Published
2018-01-09