PENGARUH PROKRASTINASI, TEKANAN AKADEMIK, RELIGIUSITAS, LOCUS OF CONTROL TERHADAP PERILAKU KETIDAKJUJURAN AKADEMIK MAHASISWA PENDIDIKAN AKUNTANSI UNNES

Main Article Content

Wakhidatul Arifah
Rediana Setiyani
Sandy Arief

Abstract

Berdasarkan hasil observasi awal dan melihat data kuesioner mahasiswa pendidikan akuntansi angkatan 2016 100% seluruhnya yakin bahwa lingkungan belajarnya masih ditemukan perilaku ketidakjujuran akademik. Tujuan penelitian ini adalah agar memperoleh pembahasan yang tuntas dan dapat mencapai sasaran yang diharapkan tentang ketidakjujuran akademik pada mahasiswa.Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Pendidikan Akuntansi angkatan 2016 yang berjumlah 108 mahasiswa. Metode pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh. Metode pengumpulan data menggunakan angket dalam bentuk kuesioner. Metode analisis data adalah analisis deskriptif dan statistic inferensial yang menggunakan analisis dengan program IBM SPSS Statistics 21.Hasil penelitian menunjukkan bahwa prokrastinasi melakukan ketidakjujuran akademik berpengaruh sebesar 0,37, tekanan akademik berpengaruh sebesar 0,221, religiusitas berpengaruh sebesar -0,295, dan locus of control berpengaruh sebesar 0,147 terhadap perilaku ketidakjujuran akademik mahasiswa. Berdasarkan kesimpulan prokrastinasi, tekanan akademik, religiusitas berpengaruh terhadap perilaku ketidakjujuran akademik mahasiswa, sedangkan locus of control tidak ada pengaruh terhadap perilaku ketidakjujuran akademik. Saran yang diberikan untuk penelitian ini hendaknya mahasiswa dalam pengambilan data harus memiliki pengakuan pelanggaran akademik sendiri oleh subjek sehingga memungkinkan adanya ketidakjujuran adalam pengisian angket demi mempertahankan harga diri. Oleh karena itu, untuk penelitian selanjutnya, diharapkan dapat mempertimbangkan aspek-aspek yang dapat memicu terjadinya self defenced technique (teknik perlindungan diri), sehingga tidak berani memberi pengakuan sepenuhnya terkait ketidakjujuran akademik yang dilakukan.


 


Based on the initial observation results and the questionnaires data of student accounting education of 2016, all of students believed that academic dishonesty was still exist in the learning environment. The purposes of this study were to obtain clear explanation and prove there was academic dishonesty in students’ learning environment. The population of this study was 108 students of Accounting Education of 2016. This study used saturated samples. The data was collected using questionnaires then was analysed descriptively and inferential statistically using IBM SPSS Statistics 21 program. The results of the study showed that the procrastination in the academic activity had an effect of 0.37, academic pressures had an effect of 0.221, Religiosity influenced by -0.295, and locus of control influenced 0.147 on student academic dishonesty behaviour. Based on the data, procrastination, academic pressure, religiosity gave impact on academic dishonesty behaviour, yet locus of control did not give academic dishonesty behaviour. The Suggestions for this study was addressed for students. Student should give the data objectively. Therefore, for further study, the next researcher is expected to consider the aspects that can trigger the occurrence of self-defend techniques (self protection techniques), so the respondents can give objective data.

Article Details

How to Cite
Arifah, W., Setiyani, R., & Arief, S. (2018). PENGARUH PROKRASTINASI, TEKANAN AKADEMIK, RELIGIUSITAS, LOCUS OF CONTROL TERHADAP PERILAKU KETIDAKJUJURAN AKADEMIK MAHASISWA PENDIDIKAN AKUNTANSI UNNES. Economic Education Analysis Journal, 7(1), 106-119. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj/article/view/22860
Section
Articles