STRATEGI PENGEMBANGAN INDUSTRI KECIL (STUDI KASUS PENGELOLAAN KERIPIK SERMIER SUPER PAK MUDJI).

Main Article Content

Nurzaman Nurzaman
Syamsu Hadi
Ade Rustiana

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Profil usaha keripik super Pak Mudji di Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang; (2) Proses produksi keripik super Pak Mudji di Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang; (3) Strategi pengembangan industri keripik super Pak Mudji di Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang oleh Dinas Koperasi, UMKM, dan Perindag Kabupaten Semarang. Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Ungaran Barat, tepatnya berlokasi di Keripik Sermier Pak Mudji, yang di laksanakan pada bulan September sampai dengan Oktober tahun 2017. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1)Keripik Sermier Super Pak Mudji didirikan pada tahun 1998. Terhitung dari tahun 1998 hingga saat ini, usaha keripik sermier ini masih tetap dijalankan oleh Pak Mudji dan dibantu oleh anak-anaknya. Strategi pemasaran sederhana yaitu dengan sistem dari mulut ke mulut, dan strategi ini cukup efektif. (2)Selama proses produksi keripik sermier super Pak Mudji alat-alat produksi yang digunakan masih menggunakan alat-alat yang tradisional, masih belum menggunakan tenaga listrik. (3) Upaya yang sudah dilakukan oleh pemerintah dalam membantu masyarakat dalam melakukan pengembangan industri guna untuk menaikkan omset pada pengusaha yaitu memberikan pelatihan kepada pelaku UMKM. Saran dalam penelitian ini adalah Kegiatan pengembangan industri rumah tangga perlu ditingkatkan agar para pengusaha Umkm lebih memahami upaya pengembangan ekonomi untuk kemajuan usahanya.


 


The research aims to determine: (1) The profile of Mudji’s super chips business in West Ungaran Sub-district, Semarang Regency; (2) The production process of Mudji's super chip in West Ungaran Sub-district, Semarang Regency; (3) The development strategy of Mudji’s super chip in West Ungaran Sub-district, Semarang Regency by the Cooperative, the MSE, and the Industry and Commerce Department of Semarang Regency. This research is conducted in the Sub-district of West Ungaran, precisely located in Mudji’sSermier Chips, which is carried out in September to October 2017. The results showed that: (1) Mudji’s Super Sermier Chips is established in 1998. From 1998 until now, this sermier chips business is still run by Mr. Mudji assisted by his children. (2) The devices used in the production process of sermier chips to flatten the sermier chip dough are conventional tools. During the production process of Mudji's super sermier chips, the production tools used is the traditional one, which does not use electricity. (3) The efforts that have been made by the government in assisting the community to develop the industry for increasing the turnover to the entrepreneurs is by providing some training to the perpetrators of SMEs. Furthermore, the suggestion provides by the researcher in this research is the household industry development activities need to be improved so that the MSEs entrepreneurs are able to understand the economic development efforts better for their business progres

Article Details

How to Cite
Nurzaman, N., Hadi, S., & Rustiana, A. (2018). STRATEGI PENGEMBANGAN INDUSTRI KECIL (STUDI KASUS PENGELOLAAN KERIPIK SERMIER SUPER PAK MUDJI). Economic Education Analysis Journal, 7(1), 220-234. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/eeaj/article/view/22873
Section
Articles