STRATEGI KOMUNIKASI EKSTERNAL UNTUK MENUNJANG CITRA LEMBAGA

Main Article Content

Kurniawan Candra Guzman
Nina Oktarina

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui komunikasi eksternal yang dijalankan lembaga terhadap citra Lembaga Prestasi Indonesia-Dunia (LEPRID). Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah Direktur, Karyawan humas, Karyawan administrasi dan masyarakat umum diberbagai kalangan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Prosedur penelitian ini meliputi tahap pra-lapangan, tahap pekerjaan lapangan, dan tahap analisis data. Analisis data yang digunakan yaitu mengumpulkan data, mereduksi data, kemudian disajikan untuk menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi komunikasi eksternal untuk menunjang citra Lembaga Prestasi Indonesia-Dunia (LEPRID) menggunakan tiga cara yaitu dengan menggunakan sosial media, bekerjasama dengan wartawan dan menerbitkan buku. Kendala yang ada antara lain website lembaga yang pernah diretas oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Upaya yang sudah dilakukan untuk mengatasi kendala antara lain membuat website baru yang keamanan nya lebih terjaga. Solusi untuk meningkatkan citra Lembaga Prestasi Indonesia-Dunia (LEPRID) yaitu dengan cara menambah karyawan bagian humas dan memperbaiki kualitas foto atau video yang akan dimasukan di dalam sosial media serta membuat jadwal rutin untuk memperbaharui sosial media.


The purposed to know there are external communication on Image of indonesia-world Achivement Institution (LEPRID). This research used qualitative research method. The data’s sources in this study were from the Principal, Employee of Public Relation, Employee of Administration and Society. The data’s collected by observation, interview, and documentation. The procedures included the re-field stage, field work stage, and data analysis phase. The data’s analysis used data collected , data reduced, and conclusion drawn. This research indicated that strategy of external communication supported Reward Organitation of Indonesia and World (LEPRID) used three ways methods such as social media, in cooperation with journalist and published a book. The Obstacles included organization website ever hacked by people who are not responsible. Effort made by organization was created a new website whose security awakened. The solution to improved the Image of Indonesia-World achievement institution (LEPRID) added employee of public relations and the quality of photo and video improved can be input on social media and made routine schedule.

Article Details

How to Cite
Guzman, K., & Oktarina, N. (2018). STRATEGI KOMUNIKASI EKSTERNAL UNTUK MENUNJANG CITRA LEMBAGA. Economic Education Analysis Journal, 7(1), 301-315. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/eeaj/article/view/22882
Section
Articles