ANALISIS KOMPETENSI PROFESIONAL GURU ADMINISTRASI PERKANTORAN DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI SMK TAMTAMA PREMBUN KABUPATEN KEBUMEN

Main Article Content

Diah Ayu

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini untuk menganalisis dan mendeskripsikan: 1) Kompetensi profesional guru administrasi perkantoran dalam proses pembelajaran, 2) Penerapan kompetensi profesional guru administrasi perkantoran dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif persentase. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa X, XI, XII program keahlian Administrasi Perkantoran. Pengambilan sampel menggunakan rumus Slovin diperoleh sampel sejumlah 60 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi profesional guru administrasi perkantoran dalam proses pembelajaran menunjukkan bahwa 76% dalam kriteria baik. Guru sudah menerapkan kompetensi profesional dalam proses pembelajaran dari indikator keterampilan membuka dan menutup pelajaran sebesar 73% dalam kriteria baik.  Indikator keterampilan menjelaskan sebesar 83% dalam kriteria sangat baik. Indikator keterampilan bertanya sebesar 78% dalam kriteria baik. Indikator keterampilan memberi penguatan sebesar 70% dalam kriteria baik. Indikator keterampilan menggunakan media pembelajaran sebesar 63% dalam kriteria baik. Indikator membimbing diskusi kelompok sebesar 81% dalam kriteria baik. Indikator keterampilan mengelola kelas sebesar 85% dalam kriteria sangat baik. Indikator keterampilan mengadakan variasi sebesar 80% dalam kriteria baik. Indikator keterampilan mengajar perorangan dan kelompok kecil sebesar 75% dalam kriteria baik.

 

The purpose of this research is to analyze and describe: 1) teacher's professional competence of the administrative offices in the learning process in vocational Enlisted Prembun Kebumen, (2) Is the professional competence of teachers office administration already applied in the process of learning in vocational Enlisted Prembun Kebumen. The population is students of class X, XI, XII Administrative skills program. Sampling using Slovin formula obtained a sample of 60 students. Methods of data collection using questionnaires and documentation. The data analysis technique used is descriptive analisiss percentage. The results showed that the administrative office professional competence of teachers in the learning process showed that 76% in both criteria. Teachers have implemented professional competence in the learning process of opening and closing the skills indicators lessons by 73% in both criteria. Indicators skills explain 83% said very good. Indicator questioning skills by 78% in both criteria. Indicators skills provide reinforcement of 70% in both criteria. Indicators skills using instructional media by 63% in both criteria. Indicators to guide group discussions said to be high at 81%. Indicators of skills by 85% to be very good. Indicators of skills held by 80% of variation in both criteria. Indicators of teaching individual skills and small group of 75% in both

Article Details

How to Cite
Ayu, D. (1). ANALISIS KOMPETENSI PROFESIONAL GURU ADMINISTRASI PERKANTORAN DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI SMK TAMTAMA PREMBUN KABUPATEN KEBUMEN. Economic Education Analysis Journal, 2(2). Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj/article/view/2750
Section
Articles

References

Hamalik, Oemar. 2009a. Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Jakarta: Bumi Aksara.

--------------------. 2009b. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Saud, Udin Syaefudin. 2009. Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Alfabeta.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Uno, Hamzah. 2008. Profesi Kependidikan. Jakarta: Bumi Aksara.