PENGARUH KREATIVITAS BELAJAR, PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN POWER POINT, DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN AKUNTANSI PADA SISWA KELAS X AKT SMK NEGERI 2 BLORA TAHUN AJARAN 2012/2013 (MOTIVASI BELAJAR SEBAGAI VARIABEL INTERVE

Main Article Content

Chandra Putri

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kreativitas belajar, penggunaan media pembelajaran power point, dan lingkungan keluarga terhadap hasil belajar melalui motivasi belajar siswa kelas X AKT SMK Negeri 2 Blora Tahun Ajaran 2012/2013. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X AKT SMK Negeri 2 Blora Tahun Ajaran 2012/2013 sejumlah 120 siswa.  Metode pengumpulan data: dokumentasi, angket. Metode analisis data yaitu analisis deskriptif, analisis konfirmatori, dan analisis Structural Equation Modeling (SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan antara kreativitas belajar, penggunaan media pembelajaran power point, dan lingkungan keluarga motivasi belajar; adanya pengaruh langsung dan tidak langsung antara kreativitas belajar, penggunaan media pembelajaran power point, dan lingkungan keluarga terhadap hasil belajar.

 

This study has a purpose to find out the effect of learning creativity, the using of power point as a learning media, and family environment toward to learning result through learning motivation of the student of class X AKT SMK Negeri 2Blora year 2012/2013.The population of this study are all the student of grade X AKT SMK negri 2 blora year 2012/2013, (120).The method of gathering the data : documentation, questionnaire. The method of analyzing data: descriptive analyzing, confirmatory analyzing, and structural equation modeling (SEM) analysing. The result of this study show that there is a significant positif effect and significant among the creativity of learning, the using of power point as a learning media, and family condition according to the study result through learning motivation; The results of studies using SEM analysis showed that there is a direct and the indirect influence of learning creativity, the using of power point as a learning media, and family environment toward to learning result.

Article Details

How to Cite
Putri, C. (1). PENGARUH KREATIVITAS BELAJAR, PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN POWER POINT, DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN AKUNTANSI PADA SISWA KELAS X AKT SMK NEGERI 2 BLORA TAHUN AJARAN 2012/2013 (MOTIVASI BELAJAR SEBAGAI VARIABEL INTERVE. Economic Education Analysis Journal, 2(2). Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj/article/view/2751
Section
Articles

References

Amin, Astuti Muh. 2009. Meningkatkan Hasil Belajar dan Kreativitas Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Peta Pikiran

Mind Mapping. http://astutiamin.wordpress.com/2009/11/26/meningkatkan-hasil-belajar-dan-kreativitas-siswa-melalui-pembelajaran-berbasis-peta-pikiran-mind-mapping/. (diakses 24 Juli 2013).

Anindita, Anung. 2011. Motivasi, Kompetensi Profesional Guru, Lingkungan Sekolah, dan Lingkungan Keluarga Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas XII IPS Di SMA Negeri 12 Semarang Tahun Ajaran 2010/2011. Skripsi Fakultas Ekonomi. Unnes

Arsyad, Azhar. 2009. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pres.

Damayanti, Rasista. 2011. Pengaruh motivasi, Cara Belajar, Lingkungan Keluarga, dan Lingkungan Sekolah terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Kelas XI IS di SMA Negeri 8 Purworejo. Semarang: UNNESDjamarah & Aswan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Ghozali, Imam. 2011. Model Persamaan Struktural Konsep dan Aplikasi dengan Program AMOS 19,0. Semarang: Badan Penerbit UNDIP

Hamalik, Oemar. 2005. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Mandar Maju

Munandar, Utami. 2004. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta

Purnomo, Niko Apriliyati. 2010. Pengaruh Persepsi Siswa Mengenai Media Pembelajaran CD Interaktif Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Dasar dengan Motivasi Belajar Sebagai Variabel Intervening Pada Siswa Kelas X Akuntansi SMK PGRI Batang Tahun Ajaran 2009/2010. Skripsi: UNNES.

Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta
Sudjana, Nana. 2005. Proses Belajar Mengajar. Bandung; Sinar Baru Algensindo

Sousa, David A. 2012. Bagaimana Otak yang Berbakat Belajar. Jakarta: PT Indeks.

Suwarna. 2006. Pengajaran Mikro. Yogyakarta: Tiara Wacana

Tu’u, Tulus. 2004. Peran Disiplin Pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta : Gramedia Widiasarana Indonesia