PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PERMASALAHAN TENAGA KERJA INDONESIA DENGAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT)

Main Article Content

Nur Khasanah

Abstract

Peningkatan aktivitas dan hasil belajar permasalahan tenaga kerja Indonesia dengan Numbered Head Together (NHT). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pada materi permasalahan tenaga kerja Indonesia siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Batang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus mencakup tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas VIII A yang berjumlah 40 siswa di SD Negeri 5 Batang. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pembelajaran kooperatif model Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan pembelajaran di SMP Negeri 5 Batang, yang meliputi peningkatan dalam proses dan hasil belajar siswa. Berdasarkan penjabaran diatas peneliti memberikan saran kepada guru sebaiknya menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) agar siswa lebih aktif dalam kegiatan belajar mengajar.

 

Increased activity and learning outcomes Indonesian labor problems with Numbered Head Together (NHT). This study aims to determine the application of learning models Numbered Head Together (NHT) to increase the activity and learning outcomes on the material issues of Indonesian workers eighth grade students of SMP Negeri 5 Batang. This study uses classroom action research was conducted in two cycles. Each cycle includes the planning, implementation, observation, and reflection. Subjects were students of class VIII A, amounting to 40 students in SMP Negeri 5 Batang. The results of this study indicate that cooperative learning Numbered Head Together (NHT) to improve learning in SMP Negeri 5 Batang, which includes an increase in the students' learning processes and outcomes. Based on the above translation researchers advising the teacher should use instructional model Numbered Head Together (NHT) to make students more active in learning activities.

Article Details

How to Cite
Khasanah, N. (1). PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PERMASALAHAN TENAGA KERJA INDONESIA DENGAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT). Economic Education Analysis Journal, 2(2). Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj/article/view/2759
Section
Articles

References

Anni, Catharina Tri. 2004. Psikologi Belajar. Semarang: UPT MKK UNNES

Made Suci. 2012. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif NHT (Numbered Head Together) dalam Upaya Meningktakan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII A pada Mata Pelajaran TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) di SMP Saraswati Singaraja Tahun Ajaran 2011/2012. Volume 1. Nomor 4 Agustus 2012.

Rifa’i RC, Achmad dan Anni, Chatharina Tri.2009. Psikologi Pendidikan. Semarang: UNNES PRESS.

Sanjaya, Wina. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suharsimi Arikunto, dkk. 2009b. Penelitian Tindakan kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Trianto, S.Pd.,M.Pd. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.