PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA, EFIKASI DIRI, DAN BIMBINGAN KARIER TERHADAP MINAT MELANJUTKAN KE PERGURUAN TINGGI PADA SISWA SMA NEGERI 1 KEJOBONG

Main Article Content

Afri Subarkah
Ahmad Nurkhin

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh yang positif dan signifikan status sosial ekonomi orang tua, efikasi diri, dan bimbingan karier terhadap minat melanjutkan perguruan tinggi pada siswa kelas XII SMA Negeri 1 Kejobong tahun pelajaran 2017/2018 secara simultan maupun parsial.Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII IPS SMA Negeri 1 Kejobong yang berjumlah 87 siswa, dan peneliti menggunakan sampel jenuh.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian yaitu studi pengujian hipotesis. Metode pengumpulan data menggunakan metode kuesioner. Metode analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial (analisis regresi linier berganda).Hasil penelitian menunjukkan bahwa status sosial ekonomi orang tua, efikasi diri dan bimbingan karier berpengaruh positif dan signifikan secara simultan terhadap minat melanjutkan ke perguruan tinggi sebesar 36,8%, status sosial ekonomi orang tua berpengaruh terhadap minat melanjutkan perguruan tinggi sebesar 13,032%, efikasi diri berpengaruh terhadap minat melanjutkan perguruan tinggi sebesar 8,88%, dan bimbingan karierberpengaruh terhadap minat melanjutkan perguruan tinggi sebesar 29,702%


 


The purpose of this research is to determine the positive and significantly of Socio Economic Status Parent, Self Efficacy, and career Guidance Toward Interest in Continuing to the Collage Field of the Twelfth Graders at State Senior High School of Kejobong Academic Year 2017/2018 simultaneously or partially.Thepopulation of this research is the students of class XII IPS SMA Negeri 1 Kejobong academic year 2017/2018 which amounted to 87 students, then the researcher used a sample saturted to conduct this study. Methods of data collection using questionnaires. Methods of data analysis using descriptive statistical analysis and inferential statistics (mulitiple linier regression). The result show that socio economic status parent, self efficacy, and career guidance partial positively and significantly influence toward interest in continuing to the collage (36,8%), socio economic status parentinfluence towards interest in continuing to the collage (13,032%), self efficacyinfluence toward interest in continuing to the collage (8,88%), and career guidance influence toward interest in continuing to the collage (29,702%)

Article Details

How to Cite
Subarkah, A., & Nurkhin, A. (2019). PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA, EFIKASI DIRI, DAN BIMBINGAN KARIER TERHADAP MINAT MELANJUTKAN KE PERGURUAN TINGGI PADA SISWA SMA NEGERI 1 KEJOBONG. Economic Education Analysis Journal, 7(2), 400-414. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/eeaj/article/view/28247
Section
Articles